Emil Dardak Beri Apresiasi Langkah Pilar 08 jadi Jembatan Aspirasi Masyarakat Muncar 

Emil Dardak bersama Pilar 08
Emil Dardak bersama Pilar 08

Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur menyampaikan terima kasih kepada Pilar 08 karena telah menjembatani aspirasi masyarakat Muncar. 


Dia menekankan pentingnya membuka mata dan telinga terhadap semua elemen untuk menjadi lebih peka terhadap permasalahan masyarakat. Hal ini  dikatakan dalam pertemuan warga nelayan Muncar Banyuwangi yang difasilitasi Pilar 08, Senin, 8 Januari 2024 di Lapangan Taman Suropati, Tembokrejo, Muncar Banyuwangi. 

Emil Dardak berbagi pengalaman saat menjadi bupati Trenggalek di mana masalah melimpahnya jumlah tangkapan ikan juga pernah terjadi. Solusinya dengan membangun cold storage baru dan bahkan menambah kontainer yang bisa mendinginkan ikan untuk meningkatkan kualitasnya.  

Wagub menambahkan terkait persoalan melimpahnya hasil tangkapan ikan layang dan ikan tongkol di muncar, meskipun sudah ada pabrik tepung dan cold storage tetapi masih belum cukup untuk mengatasi melimpahnya jumlah tangkapan ikan tongkol dan ikan layang di Muncar.

Ia menjelaskan melimpahnya tangkapan ikan tongkol dan ikan layang merupakan peristiwa yang baru, karena peristiwa serupa terakhir kali terjadi 20 tahun lalu, pada 2006 atau 2007, dan sekarang baru terulang kembali. 

Meskipun demikian, tidak boleh ada alasan untuk diam, dan harus mencari jawaban serta mengatasi permasalahan tangkapan ikan tersebut dengan segala yang mereka bisa lakukan.

Karena itu pemerintah akan mencari solusi terkait masalah melimpahnya tangkapan ikan tongkol dan ikan layang di Muncar.

Kanisius Karyadi, Ketua Umum Pilar 08 mengatakan ini kerja bareng Pengurus Pilar 08 Kabupaten Banyuwangi membantu masyarakat nelayan Muncar Banyuwangi. 

Pilar 08 kaya Kanisius memfasilitasi warga masyarakat nelayan dan pejabat daerah, termasuk dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka mencari solusi dan  mengolah  tangkapan ikan tongkol dan ikan layang yang melimpah di Muncar Kabupaten Banyuwangi. 

Selain dihadiri ribuan warga kegiatan ini juga dihadiri jajaran Pilar 08, salahsatunya ada Wakil Ketua Umum, Ferry Susanto Mulyono, Sekretaris Jendral, Rano Wiharta maupun bendahara umum Pilar 08 Afan Anugroho.