Penantang Bupati Jember Mulai Bermunculan, Gus Fawaid Diprediksi Maju Pilkada 2024

Gus Fawaid (dua dari kiri) saat konferensi pers/Ist
Gus Fawaid (dua dari kiri) saat konferensi pers/Ist

Semakin mendekati waktu tahapan Pilkada serentak 2024, para bakal calon bupati mulai bermunculan di Kabupaten Jember. Meski ditengah tahapan kampanye pemilu dan pilpres 2024, persaingan untuk merebut posisi nomor 1 di Jember sudah terasa.


Selain Bupati Jember saat ini H Hendy Siswantoy, nama-nama yang mulai muncul di publik diantaranya Gus Jadin, H Nanang, dan Gus Fawaid.

Gus Fawaid bisa jadi penantang terberat calon petahana, jika tetap maju menjadi calon bupati 2024 mendatang. Sebab, dia sudah melakukan show of force atau unjuk kekuatan dengan menghadirkan ribuan orang pendukungnya di Stadion Jember Sport Garden (JSG) Jember, pada Rabu (10/1/2024) lalu.

Kegiatan tersebut bukan sekadar Apel Sholawat Nusantara biasa, melainkan kegiatan itu adalah semacam show of force.

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim saat itu, suasana kegiatan salawat Rabu (10/1) lalu, juga memperkuat indikasi tersebut. Teriakan-teriakan juga poster-poster "wes wayahe Gus Fawaid jadi bupati Jember". Saat ini Fawait masih menjadi legislator DPRD Jawa Timur periode 2019-2024.

Ditanya wartawan soal dukungan dari massa salawat, Fawaid mengaku senang.

"(Teriakan itu) saya anggap itu sebagai doa. Apa pun doa yang baik saya pasti senang," katanya kepada sejumlah wartawan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Tapi soal pilkada, lanjut dia nanti, setelah pileg dan pilpres selesai. Untuk saat ini masih fokus Pileg dan pilpres. 

"Untuk pilkada, sekarang jangan dulu,” terang legislator Partai Gerindra.

Bupati Jember Hendy Siswanto menanggapi kemungkinan Fawaid maju dalam kontestasi dalam pilkada 2024, memandang tidak ada masalah. Justru itu hal baik, bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. 

"Tidak ada perbedaan, petahana atau siapa pun. Yang penting kita bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujar Bupati Hendy.

Semakin banyak yang mencalonkan diri jadi bupati, lanjut dia, malah semakin baik.