Hari Ini 7.706 Calon PTPS Terpilih Jember Dilantik Serentak  

Kordiv SDMO dan Diklat, Yoyok Adi Pranata (baju merah) saat melakukan supervisi di Panwaslu kecamatan Arjasa/Ist
Kordiv SDMO dan Diklat, Yoyok Adi Pranata (baju merah) saat melakukan supervisi di Panwaslu kecamatan Arjasa/Ist

Sebanyak 7.706 Calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) segera dilantik hari ini, Senin ( 22/1). Awalnya rencana pelantikan dilakukan Minggu ( 21/1) kemarin. Namun karena adanya perpanjangan waktu rekrutmen calon PTPS di satu desa, yang belum memenuhi quota, maka rencana pelantikan juga digeser ke hari Senin.


"Seluruh calon PTPS terpilih, dilakukan serentak hari ini, di 31 Kecamatan wilayah Kabupaten Jember," kata Koordinator Devisi SDMO dan Diklat, Yoyok Adi Pranata saat dihubungi Kantor Berita RMOLJatim melalui telepon selulernya, Senin (22/1).

Pelantikan, lanjut dia, akan dilakukan langsung oleh petugas Panwaslu pada masing-masing kecamatan. Meski dilantik di wilayah Kecamatan, tidak mesti dilantik di Kantor Kecamatan. Sebab, jumlah peserta pada tiap-tiap kecamatan cukup besar, jumlahnya ratusan, bahkan ada yang hampir mencapai 400 PTPS, per kecamatan.

"Mereka bisa mencari gedung, yang bisa menampung dalam jumlah banyak, bisa gedung PGRI dan sebagainya, tidak harus di Kantor Kecamatan," katanya. 

Sementara Banwaslu Kabupaten Jember, hanya melakukan tugas supervisi ke 31 Kecamatan, yang menggelar pelantikan. 

"Kita nantinya, akan dibagi 5 tim yang terdistribusi pada 4 Korwil," terangnya.

Hingga saat ini belum diketahui keterlibatan ASN atau P3K dalam PTPS tersebut. Sebab saat ini belum ada laporan. Pihaknya masih menunggu selesainya pelantikan. Hal ini sesuai regulasi, dimana ASN atau P3K yang terlibat dalam PTPS ini wajib mendapatkan ijin dari atasannya langsung.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember mengumumkan sebanyak 7.706 Calon PTPS Terpilih, Sabtu (20/1). 

Pengumuman tersebut akan disampaikan langsung melalui website Bawaslu Kabupaten Jember. Karena yang melantik dan mengeluarkan SK pelantikan adalah Panwaslu kecamatan masing-masing.

Sebelumnya Yoyok mengatakan sebanyak 7.706 dinyatakan lolos dalam seleksi terakhir melalui sesi wawancara. 

"Mereka berasal dari 8.806 Calon PTPS yang lolos administrasi. Ditentukan berdasarkan nilai rangking tertinggi, hingga terpenuhi di seluruh TPS masing-masing Desa," katanya, Jumat (19/1) lalu.

Dia juga menjelaskan semestinya pengumuman dilakukan Jumat (19/1). Namun karena masih ada satu desa yang belum terpenuhi kuotanya, seperti Desa Jombang Kecamatan Jombang, maka rekrutmen calon PTPS diperpanjang. 

Sebelumnya, sebanyak 8.806  PTPS yang lolos administrasi, sudah mengikuti sesi seleksi terakhir berupa wawancara, Kamis 18 Januari 2024. Mereka terdiri jenis kelamin Laki-laki sebanyak 4.957 orang dan  perempuan sebanyak 3.849 orang.