Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Ning Ema Beri Pesan Ini ke Mahasiswa

Ema Umiyyatul Chusnah saat sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di hadapan mahasiswa Unwaha Jombang/RMOLJatim
Ema Umiyyatul Chusnah saat sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di hadapan mahasiswa Unwaha Jombang/RMOLJatim

Anggota DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama mahasiswa Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha) guna mencegah berkembangnya paham radikal yang masuk melalui jejaring media sosial.


Ning Ema demikian akrab dipanggil ini mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu program dari DPR-MPR RI akan pentingnya 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Apa yang menjadi materi sosialisasi hari ini adalah mengenai pentingnya akan 4 pilar bagi warga negara Republik Indonesia," ujar Ning Ema yang merupakan politisi PPP asal Dapil 8 Jawa Timur, usai sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Rumah Makan Henny, Selasa (23/01).

Ketua Umum WPP PPP ini mengungkapkan era digitalisasi seperti sekarang ini banyak sekali ancaman-ancaman bagi generasi bangsa, dimana bila tidak benar-benar dibentengi sangat rentan terpengaruh dengan hal atau paham yang bertentangan dengan ideologi negara.

"Salah satunya paham tentang radikalisme, bisa saja mereka masuk melalui celah di platform digital yang kita gunakan sehari-hari. Selihai dan secepat itu mereka masuk untuk mempengaruhi kehidupan kita agar kita terjerumus ke perundungan dan perpecahan," ujar Ning Ema.

Karena itu, ia mewanti-wanti agar para mahasiswa-mahasiswi dapat mengerti apa maksud dan tujuan 4 pilar Kebangsaan Indonesia. Politisi perempuan asal Jombang ini berpesan mengenai pentingnya penyikapan penggunaan sosial media.

"Mari bersama-sama membentengi diri kita, keluarga kita, lingkungan kita dari sesuatu bertentangan dengan idiologi negara dengan mengerti makna 4 pilar," imbau dia.

Ia berpesan agar berperilaku sadar dengan apa yang sedang dilihat dan apa yang didengar pada media sosial atau digital yang sedang menjadi konsumsi sehari-hari tersebut dengan melakukan verifikasi untuk memastikan kebenarannya.

"Semoga dengan landasan 4 pilar tersebut persatuan dan kesatuan negara kita akan tetap terjaga dengan satu ideologi yang sama yakni Pancasila sebagai dasar negara," pungkasnya.