PKB Pertimbangkan Usung Aliyadi Mustofa Maju Calon Bupati Sampang

Aliyadi Mustofa/Ist
Aliyadi Mustofa/Ist

PKB tengah mempertimbangkan anggota DPRD Jawa Timur dua periode Aliyadi Mustofa untuk diusung sebagai calon bupati Sampang pada Pilkada 2024. Aliyadi dianggap memiliki popularitas dan elektabilitas cukup tinggi di kabupaten berjuluk Bumi Bahari itu.


Wakil Ketua DPW PKB Jatim Ahmad Tamim mengatakan, Aliyadi punya kans besar karena sudah memiliki pengalaman cukup lama di legislatif.

“Haji Aliyadi adalah kader terbaik PKB di Madura, sangat layak kalau kami pertimbangkan maju Pilkada Sampang,” kata Gus Tamin sapaan akrab dia, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (1/4/2024).

Aliyadi Mustofa memiliki pengalaman cukup panjang dalam kancah politik di Kabupaten Sampang maupun Provinsi Jawa Timur. Pada Pemilu 2019 lalu, Aliyadi meraih suara terbanyak untuk kursi DPRD Jatim bahkan tertinggi tingkat nasional. Saat itu Aliyadi meraih 236 ribu suara. Sehingga mengantarkannya menjadi anggota DPRD Jatim periode 2019-2024.

“Ketokohan serta kinerja politik selama ini merupakan modal yang cukup untuk duduk di eksekutif,” ujar Gus Tamim.

Ia menambahkan saat ini PKB sedang menjaring kader-kader potensial untuk berlaga di Pilkada serentak 2024. PKB diprediksi sebagai partai yang memiliki peluang besar menang di pilkada di sejumlah daerah.

Hal berdasarkan hasil Pemilu 2024 yang menempatkan PKB di urutan pertama pemenang untuk tingkat Provinsi Jawa Timur dengan raihan 27 kursi atau setara dengan 4.517.228 suara.

Selain menang di tingkat provinsi, PKB juga sukses menambah kursi di DPRD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Pada Pemilu 20219 lalu PKB berhasil meraih 325 kursi di 38 Kabupaten/kota se Jatim, sedangkan pada pemilu 2024 PKB berhasil menambah jadi 338 kursi. 

Capaian politik tersebut kemudian menambah semangat PKB untuk menang di momentum Pilkada serentak pada November 2024 mendatang. 

Sebelumnya, Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan, kemenangan yang diraih ini PKB akan melakukan persiapan untuk menargetkan kemenangan di Pilkada serentak. Terlebih kemenangan pada Hasil pemilu 2024 ini merata di 38 Kabupaten/Kota. 

Tercatat ada 36 Kabupaten/kota yang menempatkan PKB duduk di kursi pimpinan DPRD. Menyisakan 2 Lainnya seperti Kota Kediri dan Kota Madiun.

“Sehingga modal terebut cukup untuk mengantarkan PKB dalam kontestasi Pilkada serentak,” ujar Anik Maslachah.