Atikoh Ganjar Tanam Bawang Merah di Probolinggo

Atikoh Ganjar Pranowo saat bersama petani bawang Merah Probolinggo. /RMOLJatim
Atikoh Ganjar Pranowo saat bersama petani bawang Merah Probolinggo. /RMOLJatim

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh menutup kunjungan politiknya di Kabupaten Probolinggo dengan menanam bersama para petani bawang pada Jumat, (26/01) pagi. 


Atikoh memastikan program Ganjar Mahfud peduli pada sektor pertanian, pupuk dan UMKM. 

Hal itu dilakukan saat pertemuan di lahan pertanian di Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. 

Kunjungannya bertemu dengan para petani, usai melakukan dialog dengan para pedagang di Pasar Baru Kota Probolinggo. 

Uniknya, Atikoh tak canggung saat menanam bawang dengan para petani emak-emak. Hal itu sempat mengundang gelak tawa para emak-emak petani yang kaget dengan aksi Atikoh. 

"Ini sebuah kebahagiaan bisa bertemu langsung dengan pera petani bawang di Kabupaten Probolinggo. Selain itu, dilakukan dialog dengan para petani langsung, dimana ada beberapa keluhan dari mereka," jelasnya. 

Beberapa keluhan itu, antara lain persoalan pupuk yang mahal dan sulit dicari. Termasuk, harga bawang merah dan sektor UMKM. 

"Tentunya masukan-masukan itu kita tampung untuk diteruskan ke Mas Ganjar. Sejak awal, Mas Ganjar juga memberikan perhatian penuh pada para petani karena memang sektor ekonomi Indonesia dominan dari sektor pertanian," tambahnya. 

"Seperti UMKM bawang goreng yang tadi disampaikan ibu-ibu, itu sangat potensial. Nah itu yang harus dikembangkan baik perijinan, produksi, pemasaran sehingga memiliki daya jual tinggi, " tutupnya. 

Dalam kesempatan itu, Atikoh juga tak lupa memberikan edukasi stunting pada ibu-ibu. Sebab, penurunan prevalensi angka stunting juga tidak hanya pemerintah, namun juga ada peran serta masyarakat khsusus ibu-ibu. 

Sementara itu, Susilowati salah satu masyarakat yang hadir, mengaku senang bisa mendapatkan pemaparan langsung dari istri Ganjar itu. Sebab, ia yang memiliki anak kecil tak begitu memahami soal stunting.

"Alhamdulillah tadi dapat perhatian langsung dari Bu Atikoh. Stunting ini sangat penting, makanya tadi sangat senang bisa bertemu langsung," ucapnya.