Jelang Coblosan, Ratusan Personil Gabungan Disebar ke 31 Kecamatan di Kabupaten Jember.

Foto: Apel pasukan pengaman pemilu 2024 di alun-alun kota Jember    
Foto: Apel pasukan pengaman pemilu 2024 di alun-alun kota Jember   

Kepolisian Resort ( Polres) mulai menggeser sebanyak 893 Personil gabungan Polisi dan TNI mulai  ke 31 Kecamatan di kabupaten Jember. 


Pergeseran personil tersebut, dilakukan usai apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pemilu 2024 di Alun-alun kota Jember, Senin (12/2) pagi.        

"Jumlah personil polisi yang diterjunkan di lapangan sebanyak 645 personil," ucap Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, usai gelar apel di alun-alun kota Jember, Senin (12/2).

"Mereka kemudian ditugaskan untuk mengamankan 7.706 TPS di Kabupaten Jember," sambungnya.

Dijelaskan Bayu, ada beberapa TPS masuk katagori rawan.  Namun yang masuk katagori paling rawan ada 6 TPS, karena ledek geografis dan demografis, sehingga  tidak bisa diakses kendaraan bermotor. Keenamnya, berada di kecamatan Tempurejo.

"Jadi yang dimaksud dengan kerawanan ini,  bukan kerawanan karena  potensi konflik.  Tetapi  kerawanan karena kondisi geografi dan demografi atau kondisi alam yang ada di sana, sulit dijangkau," katanya.

 Apalagi dalam  kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini. Sebab , akses jalan sempit, bertebing, dengan tanah merah, naik turun membuat jalan sulit diakses dengan kendaraan bermotor.

Mulai hari ini, lanjut dia, seluruh personil polri dan TNI tersebut, mulai  bergeser ke kecamatan masing. Tepat pada pukul 16.00 WIB, seluruh personel, sudah melakukan apel, menunggu survei lokasi, yang akan digelar Selasa( 13/2) besok).

"Kami menyampaikan terima kasih atas backup personil dari TNI dari Kodim 0824/Jember, untuk pengamanan pemilu 2024," katanya.

Sementara Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso menjelaskan bahwa jumlah personil Kodim 0814/Jember, yang dikerahkan ke lapangan membantu polri sebanyak 248 personil.  Selain itu ada pasukan TNI lainnya, yang  standby di Mapolres Jember. 

"Pasukan ini (standby di Polres Jember) siap digerakkan, kemana saja bersama personel polisi, tergantung dengan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan," tegas Dandim Rahmat.