Bupati Jember Lantik 394 Kepala Sekolah Baru tingkat TK hingga SMP

Bupati Jember H Hendy Siswanto saat melantik sebanyak 394 kepala sekolah tingkat TK, SD dan SMP/RMOLJatim
Bupati Jember H Hendy Siswanto saat melantik sebanyak 394 kepala sekolah tingkat TK, SD dan SMP/RMOLJatim

Bupati Jember H Hendy Siswanto melantik sebanyak 394 kepala sekolah baru, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah pada jenjang pendidikan TK, SD dan SMP di lingkungan Dinas pendidikan Pemerintah Kabupaten Jember.


Prosesi pelantikan berlangsung di Aula PB Soedirman Kabupaten Jember, Senin (12/2/2024). 

Kepada mereka, Bupati Hendy berpesan agar menjadi guru penggerak yang berdedikasi dan terus berinovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah mereka," kata Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Diketahui, guru penggerak adalah seorang guru yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Mereka merupakan guru yang tidak hanya mengajar, melainkan juga berperan sebagai motivator, penggerak, serta fasilitator dalam menumbuhkan semangat belajar siswa.

Bupati Hendy mengatakna, Pemkab Jember akan fokus terhadap sistem pendidikan. Sejumlah gebrakan baru seperti wisata edukasi akan diterapkan di sekolah-sekolah di Kabupaten Jember.

Langkah ini, lanjut dia tak lepas dari kolaborasi antara kepala sekolah dengan berbagai pihak.

Ada  tiga poin penting tugas kepala sekolah sebagai leadership. Pertama yakni tunjukan kepada siswa pendidikan bermutu yang edukatif. 

"Bahwasannya, sekolah tak hanya tentang mengejar ijazah. Namun bagaimana memiliki skill di bidangnya seusai lulus sekolah," katanya. 

Kedua, sinergitas kepala sekolah dengan para orang tua murid. Ketiga, bagaimana kepala sekolah memberikan edukasi mengenai lingkungan, minimal lingkungan sekitar sekolah. 

Dengan terwujudnya kolaborasi diatas, tentunya akan berjalan beriringan dan selaras dengan program pemerintah dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Jember. 

"Atas nama Pemkab Jember, saya ucapkan selamat kepada seluruh kepala sekolah yang telah dilantik," ujarnya. 

Bupati Hendy berharap seluruh kepala sekolah mendapat berkah dalam menjalankan tugas mulia serta diberikan kesehatan dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah khususnya di Kabupaten Jember.