Disposisi Pj Bupati Magetan Tidak Dianggap, Bantuan Dindikpora ke Pertina Terkesan Ala Kadarnya

Atlet Pertina Kabupaten Madiun di Redam Boxing Camp/ist
Atlet Pertina Kabupaten Madiun di Redam Boxing Camp/ist

Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) menganggap bantuan pembinaan atlet yang diberikan Pj Bupati lewat disposisi ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, diberikan terkesan ala kadarnya.


Demikian diungkapkan Ketua Pertina Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Noorman Susanto kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (5/3).

"Proposal yang kami sodorkan ke Pj Bupati Magetan di-acc dan diberikan bantuan cukup untuk keberangkatan tiga atlet tinju dan tim," kata Noorman.

Diakui Noorman, kendati nilainya tidak seberapa namun sangat berarti untuk pembinaan atlet di daerah. Sebaliknya, kalau hal ini tidak diungkap, dikhawatirkan kejadian serupa akan berulang di anggaran cabang olahraga (cabor) lain. Akibatnya, berdampak pada perkembangan bibit atlet di Kabupaten Magetan.

"Untung ketiga atlet tinju yang kami ajak ke Surabaya diberikan uang saku untuk transpor dari sekolahnya SMKN 1 Bendo. Itu sangat membantu tim Pertina selama tinggal di Surabaya," ujar Noorman yang juga Ketua Lembaga Peneliti Republik Damai (REDAM) Wilayah Jawa Timur di Magetan.

Dikatakan Noorman, alasan Dindikpora Bidang Pemuda Olahraga memberikan dana ala kadarnya latihan bersama ke Surabaya, karena tidak ada dana. Alasan kedua, Pertina Kabupaten Magetan, belum masuk salah satu cabang olahraga (cabor) binaan KONI setempat. 

"Alasan Bidpora Dindikpora Kabupaten Magetan itu seperti dicari-cari. Sumber kami di Dikpora menyebutkan, di Didpora ada anggaran spesial event, bantuan mendadak untuk pembinaan olahraga. Selain itu,  disposisi PJlj Bupati itu jaminan tanggungjawab pengeluaran anggaran," kata Noorman, sembari mengatakan dana yang di-disposisi Pj Bupati hanya diberikan Bidang Pemuda Olahraga Dindikpora Kabupaten Magetan, kurang dari seper sepuluhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang dikonfirmasi lewat Kepala Bidang Pemuda Olahraga (Kabid Pora), Wahyu Wijayanto menyebutkan, kalau dana pembinaan cabang olahraga (cabor) semua berada di KONI. Sedang di Dindikpora hanya anggaran pelaksanaan even.

"Kami sudah jelaskan kepada Pak Adi salah satu pengurus Pertina, dana yang ada di Dindikpora hanya untuk pelaksanaan kegiatan Bupati Cup, contohnya bola voli Bupati Cup, ini anggaran sepenuhnya ada di Dindikpora," kata Wahyu Wijayanto sembari menyarankan, agar Pertina Kabupaten Magetan segera merealisasikan pelantikan pengurus dan masuk menjadi binaan KONI.

Laporan: Dony Prasetyo Magetan