Banjir Terjang 3 Kabupaten di Madura, Jalan Utama Lumpuh

Petugas saat memantau banjir di Bangkalan/RMOLJarim
Petugas saat memantau banjir di Bangkalan/RMOLJarim

Hujan deras sejak Senin (11/3) malam hingga Selasa (12/3) menyebabkan tiga kabupaten di Madura dilanda banjir. Yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Jalan utama bahkan lumpuh.


Di Bangkalan banjir melanda empat desa di Kecamatan Arosbaya, di Sampang terjadi di Kecamatan Jrengik dan menutup akses jalan nasional penghubung antara Kabupaten Bangkalan dengan Sampang, sedangkan di Pamekasan terjadi di Jalan Trunojoyo Pamekasan.

Yang terparah dari tiga kabupaten di pulau Madura yang dilanda banjir terjadi di Kabupaten Bangkalan.

Dalam rekaman video yang beredar, banjir juga merendam sebuah masjid, dan sejumlah orang terlihat mengungsi di ketinggian untuk menyelamatkan diri.

"Hingga malam ini proses evakuasi terhadap korban banjir terus berlanjut," kata Wakapolres Bangkalan, Kompol Andi Febrianto.

Sementara banjir yang melanda Pamekasan merupakan banjir kiriman akibat luapan Sungai Kalisemajid dan Sungai Kalikloang.

Sejumlah petugas langsung menelusuri genangan banjir dan mulai melakukan evakuasi ke sejumlah rumah warga.

"Malam ini banjir mulai masuk perkampungan warga di Desa Patemon," kata Koordinator Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Budi Cahyono.