Daya Tarik Wisata Surabaya Meningkat, Dua Kapal Pesiar Sandar Bergantian di Pelabuhan Tanjung Perak

Para wisatawan asing yang datang dengan kapal Pesiar saat di Pelabuhan Tanjung Perak/ ist
Para wisatawan asing yang datang dengan kapal Pesiar saat di Pelabuhan Tanjung Perak/ ist

Dua kapal pesiar sandar secara bergantian pada kurun waktu 2 (dua) hari secara berturut-turut  kembali terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada bulan Maret   2024 ini. Sebelumnya pernah terjadi pada bulan November 2023.


Kedua kapal persiar tersebut yaitu kapal pesiar MS  Seven Mariner  pada (15/03) disusul kapal pesiar Viking Orion pada (16/03).  

Kapal pesiar Ms Seven Seas Mariner berbendera   Bahamas membawa   total   penumpang   dan   awak   kapal   sebanyak   621   orang   sedangkan  Viking   Orion berbendera  Norwegia  membawa  total   penumpang dan  awak   kapal sebanyak 891   orang   dari berbagai penjuru dunia. 

Kapal Pesiar MS  Seven Mariner dengan GT (Gross Tonnage) 48,075  GT  dan LOA (Length Over All) 216.1 MTR ini tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada (15/03) pukul 08.00 WIB  sedangkan Viking Orion tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (16/03) pada pukul 10.00 WIB. Pelindo Sub regional 3 Jawa menyajikan berbagai hiburan dan fasilitas untuk para wisatawan salah satunya adalah  hiburan khas Jawa Timur yaitu Tarian Reog Ponorogo. 

Tak hanya itu, Pelindo Sub Regional 3 Jawa juga menyediakan berbagai macam gerai UMKM yang menyediakan   berbagai   souvenir, batik, serta makanan   dan minuman khas Jawa   Timur, dan tersedia money changer untuk mempermudah turis menukar uang.General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa, Dhany Rachmad Agustian menyampaikan bahwa ini merupakan kedua  kalinya  Tanjung  Perak disinggahi 2 (dua) kapal pesiar selama 2 (dua) hari berturut-turut.

“Intensitas kedatangan kapal pesiar tahun 2024 ini cukup tinggi, pada tahun ini tercatat sebanyak 14 kapal  pesiar  yang sudah  masuk  list kami  dan  sudah  ada   sekitar 4  kapal  yang sandar  di Pelabuhan Tanjung Perak dan tercatat ada 8 kapal pesiar lagi yang akan datang pada pertengahan bulan November hingga bulan Desember 2024, sementara pada tahun 2023 terdapat 12-13 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung perak,” imbuh Dhany.

Rencananya   wisatawan   mancanegara   tersebut   akan   mengelilingi   objek   wisata   yang   ada   di Surabaya seperti Kampung Lawas Maspati, Tugu Pahlawan, Gereja Kepanjen, Sanggar Agung di Kenpark, hingga Pasar Pabean dan Pasar Genteng. Namun ada juga yang menyukai paket wisata bernuansa heritage seperti Tunjungan, Hotel Majapahit, Joko Dolog, dan Balai Kota. 

Para wisatawan dapat menggunakan jasa Biro Travel dengan berbagai paket wisata. Pelindo Sub Regional 3 Jawa juga menyediakan beberapa unit bus dan unit mobil untuk digunakan oleh pihak jasa tour dan travel untuk mengangkut para wisatawan mengunjungi berbagai objek wisata di Surabaya.