Bupati Mas Dhito Dampingi Pj Gubernur Jatim Kunjungi Bandara Dhoho Kediri

Bupati Kediri Mas Dhito saat mendampingi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono di Bandara Dhoho Kediri/Ist
Bupati Kediri Mas Dhito saat mendampingi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono di Bandara Dhoho Kediri/Ist

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Dhoho Kediri, Sabtu (30/3).


Dalam kunjungan sore itu, Pj Gubernur Adhy Karyono langsung disambut bupati Mas Dhito, Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI) Maksin Arisandi termasuk pihak Angkasa Pura I. 

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Dhoho Kediri I Nyoman Noer Rohim menyampaikan, kunjungan Pj Gubernur Adhy Karyono ke bandara kali ini untuk melihat kesiapan operasional bandara.

"Bandara Dhoho ini sudah siap 100 persen untuk melayani penerbangan, dan sudah terbukti kemarin sudah ada tiga pesawat privat jet take off landing di sini," katanya kepada Kantor Berita RMOLJatim. 

Hanya saja, lanjut Nyoman, untuk penerbangan reguler masih dalam proses perijinan, termasuk pengaturan rotasi pesawat bagi maskapai yang telah mendapatkan ijin rute.

"Untuk maskapai yang telah mendapatkan ijin rute yaitu batik air dan super air jet. Mereka masih berproses terkait pengaturan pesawat," ungkapnya.

Sementara itu, menunggu operasional bandara, pekerjaan akses jalan tol di dekat bandara terus berjalan.

Sebelum jalan tol itu dapat dilalui, akses pendukung menuju bandara yang lebih dulu dikebut pemerintah telah rampung dan dapat dilalui ketika tol belum selesai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri Irwan Chandra mengatakan, akses jalan pendukung bandara yang sejak awal menjadi konsen Mas Dhito hingga kini telah siap untuk dilalui. 

Akses jalan yang dimaksud, mulai dari Jalan Nganjuk-Kediri, Jalan Tulungagung-Kediri melalui Kecamatan Mojo, Jalan Jawa dan Jalan PB Sudirman.

"Saat ini yang belum (selesai) Jembatan Jongbiru," terangnya saat ditemui di Bandara Dhoho Kediri.

Pembangunan Jembatan Jongbiru yang berbatasan antara Kabupaten dan Kota Kediri saat ini tengah berjalan dan menurut rencana selesai pada Mei 2024 mendatang.