Survei Pilbup Sidoarjo 2024, Rahmat Muhajirin Masuk Tiga Besar Bacabup 

Survei Pilbup Sidoarjo 2024
Survei Pilbup Sidoarjo 2024

Anggota DPR RI Rahmat Muhajirin SH dari Partai Gerindra masuk tiga besar Bacabup Sidoarjo populer dalam survei yang dirilis Media Survei Indonesia.


Berdasarkan hasil survei yang dihimpun oleh Media Survei Indonesia (MSI) Sidoarjo, nama H Rahmat Muhajirin yang getol mengkritisi pemkab Sidoarjo ada di beberapa nama tokoh yang muncul ke permukaan dan menjadi perbincangan ditengah-tengah masyarakat yang dianggap paling tepat menjadi Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Sidoarjo.

Nanang Haromain, Direktur MSI Sidoarjo mengatakan bahwa survei dilakukan pada tanggal 19 hingga 29 Maret 2024 lalu dengan jumlah responden sebanyak 800 orang tersebar 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Dikatakan oleh Nanang bahwa ada beberapa tokoh, baik tokoh politik, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun dari birokrasi yang dianggap layak sebagai Cabup-Cawabup pada Pilkada Sidoarjo bulan November 2024 mendatang.

Nama-nama itu diantaranya, Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor, Subandi, Achmad Amir Aslichin, Bambang Haryo Soekartono, Rahmad Muhajirin, KH. Zainal Abidin, Bahrul Amiq, H Usman, Sullamul Hadi Nurmawan, Khulaim Junaedi, Adam Rusdy, Samsul Hadi dan Hudiono.

”Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini 800 responden dengan margin of error sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Nanang Haromain saat launching MSI Sidoarjo di KPRI Delta Makmur, Senin (1/4/2024) malam.

Menurut mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo itu, data-data persentase yang disampaikan terkait popularitas dari para tokoh masih bisa berubah. Karena pendaftaran Pilbup Sidoarjo masih bulan Agustus 2024.

”Dari survei kami, untuk elektabilitas calon bupatinya, mengerucut pada empat nama. Yaitu Gus Muhdlor, Subandi, Rahmad Muhajirin dan Achmad Amir Aslichin,” terangnya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali memiliki elektabilitas sebesar 29,2 persen, Wakil Bupati Sidoarjo Subandi sekitar 22,5 persen, Rahmad Muhajirin sebanyak 21,7 persen dan disusul oleh Achmad Amir Aslichin sebesar 19,9 persen.

Menurut mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo itu, nama Rahmat Muhajirin (RM) menguntit popularitas pentahana Bupati Gus Muhdlor dan Wabup Subandi karena RM sering turun ke masyarakat dan mengkritisi pemkab Sidoarjo. "Ini bisa berubah karena pelaksanaan Pilbup Sidoarjo masih tujuh bulan lagi," katanya.