MKGR Jatim Solid Dukung Airlangga Hartarto di Munas Golkar

Ketua DPD MKGR Jatim Kodrat Sunyoto/ist
Ketua DPD MKGR Jatim Kodrat Sunyoto/ist

Ketua DPD Ormas MKGR Jawa Timur Dr Kodrat Sunyoto, MSi menyatakan tegak lurus dengan keputusan DPP untuk mengusung kembali Airlangga Hartarto menjadi calon ketua umum Partai Golkar periode kedua pada Munas Partai Golkar mendatang. 


"Ini menindaklanjuti silaturahmi dan buka puasa di DPP Ormas MKGR kemarin.  Kebetulan saya juga hadir saat rapat pleno DPP dimulai. Dan hasilnya mereka serahkan kepada Ketum Airlangga Hartarto pada Selasa (2/4) kemarin," ujar Kodrat di sela kegiatan Sillaturrahim dan Buka Puasa Ormas MKGR Jatim di Kantor DPD Partai Golkar Jatim Jalan A Yani Surabaya, Kamis (4/4/2024).

Dijelaskan Kodrat, inisiator pertama mendukung kembali Pak Airlangga Hartarto sebagai Ketum Partai Golkar periode kedua adalah Ormas MKGR yang memulai. Tapi pelaksananya memang ormas Kosgoro.

"Inisiator pertama dari Organisasi Pendiri Hasta Karya adalah Ormas MKGR lebih awal setelah rapat MPO. Hanya, mekanismenya mereka mengumumkan  Pleno baru diusulkan," ungkap anggota Komisi E DPRD Jatim ini.

Pertimbangan Ormas MKGR mendukung kembali Airlangga Hartarto, lanjut Kodrat disebabkan sosok Airlangga adalah figur  pemimpin yang tidak ambisius dan negarawan. 

"Bahkan dalam kondisi politik jelang pemilu 2024, beliau tidak terlalu berambisi menawarkan dirinya untuk maju Pilpres tapi justru ambil jalan terbaik, asal bagaimana calon yang diusung Partai Golkar di Pilpres mendapatkan hasil terbaik (menang)," dalih Kodrat.  

  Sementara menyangkut kegiatan silaturrahmi dan buka puasa, lanjut Kodrat Sunyoto menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah rutin dilakukan Ormas MKGR setiap bulan ramadhan. 

"Menyambung silaturrahmi itu bisa menambah rejeki dan menambah umur panjang sehingga sangat dianjurkan dalam agama Islam," jelasnya.

Di sisi lain, kegiatan ini dilakukan paska pemilu 2024, sehingga pihaknya ingin memberikan semangat kepada teman-teman kader MKGR yang belum berhasil di Pileg supaya tetap loyal.

"Kepada mereka yang berhasil, saya juga minta jangan terlalu menepuk dada karena semua dalam kehidupan itu sudah diatur sama yang di atas (Takdir Allah)," tegas politikus asli Lamongan.  

Diakui Kodrat, kader Ormas MKGR Jatim yang sukses dan terpilih menjadi anggota legislatif di kabupaten/kota jumlahnya masih cukup banyak. Sedangkan untuk DPRD Jatim, dari 15 kursi yang dimiliki Partai Golkar setidaknya ada 5 orang dari kader Ormas MKGR.

Di tempat yang sama, Ketum LDII Kriswanto yang ditunjuk untuk memberikan tausyiah mengaku senang karena Ketua DPD Ormas MKGR Jatim Kodrat Sunyoto mengingatkan kepada seluruh kadernya akan pentingnya percaya kepada Qodarullah (Ketetapan Allah).

Menurut Kriswanto, semua manusia itu yang hidup di dunia ini pasti pernah mendapatkan cobaan.

"Kewajiban kita yang mendapat cobaan adalah harus bersabar," tegasnya.

Selain itu, manusia juga pasti pernah berbuat salah dan dosa. Oleh karena itu, kata Kriswanto manusia diminta minta maaf dan istighfar serta berjanji tidak mengulangi lagi. 

"Hanya para nabi dan rasul yang tidak pernah berbuat dosa karena mereka dijaga Allah (Ma'shum)," bebernya.

Setiap manusia juga pernah mengalami musibah. Karena itu kita diwajibkan membaca istinjak (Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rajiun) agar menjadi orang-orang yang bertaqwa.

Terakhir, setiap manusia juga pernah mendapat nikmat, baik berupa kesehatan maupun rejeki harta benda. "Kewajiban kita yang menerima nikmat adalah harus bersyukur supaya ditambah kenikmatan tersebut oleh Allah," pungkas Kriswanto.