Menyambut bulan suci Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) takhanya menyiapkan paket inovatif, tapi juga kesiapan jaringan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.
- bank bjb Dukung Kejuaraan Nasional Baseball Softball Salman Al Farisi III
- Jelang Penutupan, Pejabat Tinggi AS Berusaha Pertahankan TikTok
- Anggota DPR RI Sadarestuwati Dorong UMKM Bersaing Global dan Minta Pemerintah Beri Perhatian Khusus
Paket Xtra Rejeki merupakan sebuah paket data terbaru dari XL Axiata yang memberikan cashback untuk pelanggan kartu XL. Selanjutnya pelanggan bisa menggunakan cashback tersebut untuk mendapatkan potongan harga hingga Rp 1,2 juta guna membeli smartphone tipe apa saja yang dijual di online partner tertentu.
Untuk saat ini cashback memang hanya bisa ditukarkan untuk pembelian smartphone di online partner tertentu. Namun, pihaknya tidak hanya akan sampai di situ dalam mengembangkan manfaat cashback paket Xtra Rejeki tersebut dengan partner yang lebih banyak.
XL Axiata telah menyiapkan cashback tersebut untuk bisa digunakan berbelanja di saluran penjualan lainnya dan juga tidak hanya untuk membeli smartphone. Dengan demikian, pelanggan XL akan terus mendapatkan manfaat yang semakin besar dari setiap pembelian paket data Xtra Rejeki.
Sementara itu, guna menghadapi kemungkinan lonjakan trafik saat memasuki bulan Ramadan dan berlanjut dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim XL Axiata dengan menyesuaikan pada sejumlah aktivitas pelanggan yang khas terjadi pada momen yang sama.
XL Axiata memprediksi, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi yaitu sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. Untuk itu telah diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.
Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan yaitu terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur /hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data. Selain itu juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange (Singapura dan Australia).
Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran. Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.
XL Axiata memprediksi, trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan libur Lebaran. Pada periode Ramadan-Lebaran tahun 2018 lalu, total trafik data mencapai tidak kurang dari 7.000TB, sementara itu trafik di hari biasa 2019 sejauh ini sudah mencapai sekitar 9.300TB.
Trafik data Ramadan dan Lebaran tahun 2019 ini diprediksi akan meningkat sekitar 30%. Beberapa faktor mempengaruhi terus meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun.[isa/aji
ikuti terus update berita rmoljatim di google news
- DPMPTSP Madiun Yakin Tahun ini Penuhi Target Investasi 2,5 Triliun
- Bank Jatim Jalin Kerja Sama Strategis dengan Universitas Ciputra Surabaya, Perkuat Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Layanan Keuangan
- KPU dan Kejari Teken MoU Pelaksanaan Pilbup Sidoarjo 2020