Mantap, Relawan Ini Bikin Ribuan Masker Mandiri Untuk Dibagikan ke Warga

Salah satu kelompok relawan asal Ngawi membuat masker secara mandiri untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Hasil karya mereka yang mencapai ribuan masker langsung dibagikan kepada warga. 


Agung Setyo Koordinator Garasi (Gabungan Relawan Sine) mengatakan, ide untuk membuat masker sendiri setelah melihat keberadaan masker di pasaran menjadi barang langka. Padahal masyarakat terus berusaha mendapatkan salah satu jenis Alat Pelindung Diri (APD) tersebut untuk mencegah penularan virus corona. 

"Setelah masker langka baik di apotik atau di toko-toko tertentu membuat nurani kita tergugah untuk membuat masker secara mandiri. Semua bahan berasal dari donasi rekan-rekan relawan," jelas Agung Setyo, Sabtu (28/3).

Beber Agung, masker yang dibuat prototypnya sudah sesuai standart kesehatan. Sehingga tidak perlu khawatir akan masker buatan dari relawan tersebut. Ia menyebut dalam waktu empat hari terakhir sudah menyelesaikan pembuatan sekitar 1.000 masker. Bahkan sebagian dari karya para relawan sudah diserahkan kepada Ony Anwar Wakil Bupati Ngawi untuk dibagikan kembali kepada masyarakat. 

"Sebenarnya kita juga mengetuk hati ya kepada tokoh masyarakat misalkan para kepala desa bagaimana jika mereka mengidentifikasi para penjahit di wilayahnya. Secara bersama untuk membuat masker secara mandiri," jelasnya.

Pungkas Agung Setyo, selain membuat masker mandiri beberapa waktu sebelumnya juga membuat antiseptic berbahan herbal. Bahanya cukup dari daun sirih yang direbus dan diambil airnya. Antiseptic herbal itu bisa menggantikan hand sanitizer yang turut langka di pasaran.