Di Pemerintahan Jokowi yang Banyak Bisnis KKN

Rizal Ramli saat diskusi/RMOLJatim
Rizal Ramli saat diskusi/RMOLJatim

Ekonom senior DR Rizal Ramli menyatakan pemerintah tidak akan mampu keluar dari krisis ekonomi. Menurutnya harapan itu hanyalah ilusi belaka karena tidak adanya satupun menteri di kabinet kerja Presiden Jokowi yang piawai dalam mengelola korporasi.


"Tidak ada di kabinet ini yang punya pengalaman tentang secara korporasi. Misalnya dari perusahaan BUMN jelek jadi bagus, dari perusahaan rugi jadi bagus, kagak ada, yang ada tuh banyakan bisnis KKN," kata Rizal Ramli dalam acara virtual ‘Tanya Jawab Cak Ulung’ yang digelar Kantor Berita Politik RMOL dengan tema ‘Jurus Selamat dari Resesi ala Rizal Ramli’, Jumat (21/8).

Bertolak dari keberhasilannya memperbaiki perusahaan BUMN di era kepemimpinan Presiden Gus Dur, Rizal Ramli pesimis Indonesia akan bisa lepas dari krisis ekonomi.

"Jadi kalau ada yang masih berharap bahwa pemerintah ini mampu membawa kita keluar krisis mohon maaf deh, this government is uncompetain. Nggak punya kemampuan untuk membawa kita keluar dari krisis," ujar Rizal Ramli.

Saat ini lanjut Rizal Ramli, Pemerintah harus berpihak pada rakyat, salah satunya memompa daya beli sektor menengah kebawah dan melakukan pengelolaan makro ekonomi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi hingga 15 sampai 18 persen. 

"Prinsipnya kalau mau keluar dari krisis,berpihak pada rakyat,pompa daya beli yang menengah bawah,"tandasnya.