BPN Gresik Targetkan 2024 Semua Bidang Tanah Tersertifikasi

Kepala BPN Gresik dan Bupati/RMOLJatim
Kepala BPN Gresik dan Bupati/RMOLJatim

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik, mentarget tahun 2024 seluruh bidang tanah diwilayah setempat sudah terukur, terdaftar dan tersertifikasi.


Hal tersebut diungkapkan Kepala BPN Gresik Asep Heri saat menghadiri launching aplikasi elaktronik Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (e-BPHTB) yang dilakukan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik, Jumat (28/8).

“Saya bangga, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik yang terus menerus melakukan pembenahan dan penyempurnaan data BPHTB. Seperti, yang telah dilakukan dengan meluncurkan e-BPHTB," ujar Asep.

Dengan adanya e-BPHTB dalam waktu satu dua bulan kedepan, pihaknya akan melakukan integrasi data bersama antara BPPKAD, BPN dan PPAT. Sehingga, nantinya ada launching nilai tanah.

Asep menambahkan, bahwa pihaknya juga berjanji akan melaksanakan digitalisasi data di institusi yang dinahkodainya. Sehingga, semua data dan dokumen manual bisa diubah ke digital agar lebih efektif dan efesien dalam memberikan pelayanan.

"Seiring dengan perkembangan zaman dan di era digital saat ini, memang kita harus merubah cara-cara konfensional. Agar, pelayanan yang kami berikan bisa lebih cepat dan efesien. Serta tentunya, bisa mencegah praktek-praktek yang tidak kami inginkan," ungkapnya.

Asep juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Gresik atas kerjasamanya yang baik selama ini. Begitu juga dengan pemberian bantuan pinjam pakai kendaraan operasional untuk BPN Gresik.

"Harus kami akui support luar biasa selama ini, telah diberikan Pemkab Gresik kepada BPN. Sehingga, kami berharap sinergitas ini akan selalu terjaga dengan baik," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Asep Heri juga menyerahkan Dokumen pertanahan aset Pemkab Gresik yang telah tersertifikasi. Selain itu, BPN juga menyerahkan sertifikat kepada perwakilan Masjid, TPQ maupun Mushollah yang tersebar diwilayah Kabupaten Gresik.