Upaya Recovery Ekonomi, Kolaborasi Porgram KADIN dan Pemkab Jombang

Foto/RMOLJatim
Foto/RMOLJatim

Sejumlah perwakilan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jombang masa bhakti 2019-2024 bersilturahim ke pendopo guna bertemu Bupati Jombang, Mundjidah Wahab berbicara tentang sinergi pemulihan ekonomi ditengah badai pandemi, Rabu (13/1).


Para pengurus Kadin tersebut, Joko Herwanto (Ketua),  Ir  Hendy W (bidang  SDM), Rizki Hamdani (bid. Pangan & Agrobisnis), M Chodri (bid. UKM & Koperasi) dan Sigit Prayogi (bid. UKM dan Koperasi).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Jombang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jombang, Dr Akh Jazuli, Asisten 3 Hari Oetomo,  Kepala Bappeda Budi Nugroho, Kepala Dinas PUPR Mifta, DPMPTSP Ilham Hero Koentjoro, Sekretaris Disperindag, Kepala Dinas Nakertrans Purwanto, Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Agus Purnomo, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Muntholip, Kabag Perekonomian Tri Endah Sektiwati dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Agus Djauhari.

Audiensi antara Bupati Jombang dengan Pengurus Kadin Kabupaten Jombang tersebut sebagai upaya mensinergikan Program Stimulan UMKM sebagai langkah kongkrit upaya Recovery Ekonomi di masa pandemi covid-19.

"Ketika kami berinteraksi dengan UMKM, kami mendengarkan keluh kesahnya dan kami ingin berbuat sesuatu untuk Kabupaten Jombang dalam rangka mengembangkan potensinya yang luar biasa ini," kata Joko Herwanto Ketua Kadin Jombang dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dan Kadin sebagai mitra Pemkab Jombang, lanjut Joko menegaskan pihaknya tentu akan mendukung program pemerintah Jombang dalam upaya mewujudkan Jombang yang berkerakter dan berdaya saing. Kedepan kami berupaya UMKM di Jombang semakin berkembang, dengan legalitas yang bagus dan didukung SDM yang handal, serta berdayasaing sehingga bisa go Internasional.

Dalam audiensi yang berlangsung, masing masing perwakilan pengurus juga mengungkapkan program-program Kadin. Perwakilan dari Kadin Jombang juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Jombang dalam upaya memfasilitasi para pelaku usaha dan UMKM dengan inovasi yang dilakukan.

Dalam hal ini Kadin juga akan melakukan langkah konkret untuk membuka akses kemudahan ekspor impor bagi para UMKM yang selama ini ada diantara pelaku UMKM masih melakukannya secara mandiri meskipun ada yang difasilitasi pemkab Jombang. Kadin berharap sinergitas ini bisa beriringan baik dalam bidang perijinan, juga dengan OPD terkait.

Sementara, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab meminta Kadin Jombang juga OPD terkait untuk memperkuat sinergitas, berkomunikasi dan koordinasi secara baik dalam mendukung langkah konkrit yang telah dilaksanakan Pemkab.

"Di masa pandemi inipun iklim investasi yang masuk ke Jombang masih melabihi target. Dan Pemerintah Kabupaten Jombang juga telah melakukan kerjasama guna mengembangkan UMKM di Kabupaten Jombang," ungkapnya.

Ditambahkan Bupati, bahwa semua dilakukan secara sinergi. Baik terkait perijinan, pelayanan Dispendukcapil, bahkan kemarin kita telah mengikuti Rakernas Pembangunan Pertanian bagaimana mewujudkan Pertanian yang maju mandiri dan modern, kita juga sudah upayakan untuk memanfaatkan terminal Ngoro untuk menjadi sentra agribisnis hasil petani holtikultura.

"Pun demikian dengan program Gubernur Jawa Timur OPOP (One Pesantren One Product) untuk menciptakan kemandirian umat melalui santri, masyarakat dan pesantren kita dukung," imbuhnya.

Pandemi Covid 19 bukan menjadi penghalang untuk maju, diharapkan semua berinovasi, kreatif dan mengembangkan UMKM secara on line dengan dibantu anak anak muda yang ahli IT. 

"Kadin Jombang harus segera bekerja dengan kerjasama yang baik semua pihak untuk memperluas akses dan jaringan, segera direalisasikan programnya," pungkasnya.