KAI Daop 9 Jember Sediakan Pemeriksaan Covid-19 Murah,  GeNose C19 Cukup Bayar Rp 20 Ribu

Penumpang KAI Daop 9 Jember menjalani pemeriksaan GeNose C19/Ist
Penumpang KAI Daop 9 Jember menjalani pemeriksaan GeNose C19/Ist

Mulai 10 Maret 2021, KAI Daop 9 Jember menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 bagi pelanggan KA di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang. Setiap penumpang jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapit test Antigen atau RT-PCR. 


Menurut Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah Nugraha, pemberlakuan surat tersebut berdasarkan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, bahwa pelanggan kereta api jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR. 

Sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan. 

Layanan ini tidak perlu biaya mahal alias tidak perlu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah.

"Untuk mendapatkan layanan ini, para pelanggan KA hanya dikenakan biaya sebesar Rp 20.000," ujar Agus Barkah dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (10/3).

Dia menjelaskan Layanan pemeriksaan GeNose C19 merupakan hasil sinergi antara KAI dan Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada.

"Layanan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan KA dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh," katanya.

Lebih lanjut Agus menegaskan, syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. 

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. 

“Pelaksanaan pemeriksaan ini cukup mudah, calon penumpang hanya diminta meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan,” jelasnya.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah. Selain itu merupakan perwujudan dari dukungan KAI bangga buatan Indonesia. 

"Untuk mendapatkan informasi  layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121," pinta Agus.