Airlangga: Optimalisasi Investasi dan Vaksinasi Kunci Pulihkan Ekonomi Nasional

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tahun 2021. Antara lain melalui optimalisasi investasi sembari terus mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi.


“Hal ini penting guna memulihkan kepercayaan publik,” tegas Airlangga saat memaparkan sebuah risalah bertema “Transformasi Ekonomi, Optimalisasi UU Ciptaker, dan Akselerasi Investasi” Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rabu (31/3).

Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan saat ini pemerintah juga fokus pada alokasi anggaran PEN yang mencakup sektor kesehatan, perlindungan sosial, dukungan UMKM, dan pembiayaan perusahaan serta insentif usaha. Selain itu, pemerintah mengoptimalkan investasi langsung dengan membentuk Indonesia Investment Authority (INA).

Menurutnya, Indonesia mengelola dana Master Fund dan Dana Tematik (Thematic Fund) seperti di sektor infrastruktur, energi dan SDA, kesehatan, dan lain sebagainya.

“Ini digunakan untuk mendorong proses pembangunan, pemulihan sekaligus kebangkitan ekonomi kita,” tuturnya.

Dalam jangka panjang, sambung Airlangga, pemerintah berkomitmen untuk melakukan reformasi struktural, melalui implementasi UU 11/2020 tentang Cipta Kerja beserta 51 aturan turunannya. Tentunya dibutuhkan kerja sama dari seluruh stakeholder, termasuk akademisi dan masyarakat sipil untuk memastikan seluruh kebijakan dapat terlaksana dengan baik.

“Sehingga penerapan UU Cipta Kerja yang terdiri dari 11 klaster dapat berlangsung optimal dan dapat meningkatkan investasi dan kewirausahaan,” tutupnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.