2.166 Personel Siap Jaga Pilkades Serentak Di Probolinggo

Kapolres saat mengecek personil yang disiagakan untuk desa-desa Jelang Pilkades serentak 2021/RMOL Jatim
Kapolres saat mengecek personil yang disiagakan untuk desa-desa Jelang Pilkades serentak 2021/RMOL Jatim

Kepolisian Resort Probolinggo, menyiapkan 948 personil untuk dikerahkan dalam kegiatan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 2 Mei 2021. Ribuan personil itu merupakan anggota gabungan Polres, Sabhara Polda Jatim, dan unsur jajaran Polres di Jatim termasuk Brimob.


"Tidak hanya Anggota Polres saja, dalam pengamanan Pilkades juga diback-up dari Polda Jawa Timur dan dibantu juga anggota Polres diwilayah Jawa Timur,” terang Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (30/4).

Menurutnya, ratusan petugas gabungan tersebut akan disebar di berbagai titik termasuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades Serentak 2021. 

"Kita fokus pada 54 desa di wilayah hukum Polres Probolinggo, karena ada 8 desa masuk wilayah hukum Polres Probolinggo Kota. Total, ada 62 desa yang menyelenggarakan Pilkades," terang Ferdy.

Selain itu, kepolisian sendiri sudah melakukan pemetaan terhadap daerah atau desa-desa yang rawan konflik pada Pilkades serentak ini. 

“Ada beberapa desa yang sudah kita petakan. Sehingga, kita berharap benar-benar kondusif dan aman dan kita sudah lakukan antisipasi betul," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, Ugaa Irwanto mengatakan, kalau total keseluruhan dalam pengamanan Pilkades ini mencapai 2166 personil gabungan.

"Total semuanya dalam Pilkades ini ada 490 TPS. Setiap TPS ada 3 orang personil. Sedangkan untuk 62 Desa ada 8 orang perdesanya," tegas Ugas.

Mereka melakukan pengamanan di tingkat kecamatan hingga desa selama 3 hari penuh. Terhitung sejak tanggal 1 hingga 3 mei 2021.

"100 sabhara dari Polda (Jatim), untuk TNI malam Sabtu sudah masuk ke desa-desa. Brimob dan Polri pada Sabtu siang masuk desa," pungkasnya.