Dua KRI Jajaran Satkor Koarmda II Latihan VBSS di Laut Bali

Latihan di Laut Bali/ Dispen koarmada II
Latihan di Laut Bali/ Dispen koarmada II

Dua KRI di jajaran Satkor Koarmada II yakni KRI Yos Sudarso - 353 dan KRI Hasan Basri - 382,  melaksanakan pengamanan Operasi Salvage KRI Nanggala - 402 melaksanakan Latihan VBSS (Visit, Board, Search and Seizure) di Perairan Laut Bali, Selasa (18/5).


Komandan KRI Yos Sudarso - 353 Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz juga menyampaikan bahwa kesempatan berada di laut secara bersamaan dengan KRI lainnya yaitu KRI Hasan Basri - 382 yang dikomandani Letkol Laut (P) Agung Maulana tidak boleh disia-siakan. 

Beberapa serial latihan juga dilatihkan untuk mempertahankan naluri tempur prajurit.

"Latihan ini juga digelar untuk tetap menjaga kesiapsiagaan prajurit pengawak KRI untuk melaksanakan pemeriksaan dan inspeksi kapal-kapal yang dianggap mencurigakan atau bahkan sudah menjadi target operasi karena melakukan tindak kejahatan di laut," ujarnya melalui rilis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim.

Di tempat terpisah,  Danguskamla Koarmada II, Laksma TNI I Gung Putu Alit Jaya, selaku DAN GT Salvage menyampaikan, bahwa selama melaksanakan pengamanan, naluri tempur prajurit tetap harus terus dibina termasuk dalam pelaksanaan operasi keamanan laut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid – 19.

Danguskamla menambahkan, hal ini sejalan dengan prioritas KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional dan juga peningkatan kemampuan TNI AL dalam menghadapi ancaman bersifat non-konvensional.