Buddhayana Jatim, Peringati Hari Waisak di Candi Jabung

Para majelis Buddhayana Jatim, saat menyambut kedatangan Bupati Probolinggo. /RMOLJatim
Para majelis Buddhayana Jatim, saat menyambut kedatangan Bupati Probolinggo. /RMOLJatim

Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Jawa Timur menggelar peringatan Hari Tri Suci Waisak di Pelataran Candi Jabung Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (29/5).


Peringatan Hari Tri Suci Waisak ini diawali dengan ibadah Waisak yang diikuti umat Buddha dari Keluarga Buddhayana Jawa Timur. Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari ini, juga didampingi oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto dan Forkopimka Paiton.

Selain itu, Tantri dan pengurus Perkumpulan Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Jawa Timur menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat yang ada di sekitar Candi Jabung.

Tantri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perkumpulan Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Jawa Timur atas dipilihnya Candi Jabung sebagai lokasi ibadah Waisak dalam rangka peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak Tahun 2021. 

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo saya menyampaikan selamat memperingati Hari Tri Suci Waisak Tahun 2021 kepada seluruh umat Buddha. Semoga perayaan Hari Tri Suci Waisak ini membawa ketentraman, kebahagiaan dan kedamaian tidak saja bagi umat Buddha tapi juga bagi umat manusia seluruhnya," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara Ketua DPD Perkumpulan Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Jawa Timur Tosin menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo, sehingga prosesi ibadah dan perayaan Hari Tri Suci Waisak di Candi Jabung dapat berjalan dengan khidmat dan lancar.