Kasus Covid -19 Di Desa Sitiarjo Malang Terus Melonjak, Pemkab Malang Bakal Tambah Waktu Penyekatan

Kasus Covid-19 di Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) terus melonjak. Dari angka lima orang terpapar Covid-19 menjadi 27 orang. Akibatnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bakal menambah waktu penyekatan. Seperti dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.


"Berdasarkan laporan yang saya terima kemarin (Sabtu 26/6) warga yang terpapar bertambah 22 orang, jadi 27 orang. Pemkab saat ini tengah menyiapkan penyekatan, apabila jumlah terpapar Covid-19 terus naik," ujarnya. Minggu (27/06) saat dihubungi melalui telphone selulernya oleh awak media.

Munculnya tambahan angka terpapar Covid-19, lanjut Wahyu, hingga menjadi 22 di Desa tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 89 warga, yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang pada Rabu (23/6) kemarin.

"Hasil tes swab 89 warga itu sudah keluar, 22 orang di nyatakan positif. Semoga jumlah itu tidak bertambah lagi," tuturnya.

Wahyu juga mengungkapkan, bahwa 27 warga Dusun Rowotrate yang dinyatakan positif itu tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, dan penjagaan di lokasi Dusun Rowoterate diperketat.

"Agar tidak terjadi penyebaran virus di Malang Selatan, pintu masuk dusun di jaga ketat oleh aparat kepolisian dan TNI. Penyemprotan disinfektan juga rutin dilakukan, bahkan kami juga telah dirikan dapur umum untuk menyuplai kebutuhan warga," paparnya.

Wahyu juga menambahkan, penutupan akses Dusun Rowoterate tersebut, sudah dilakukan sejak Senin (21/6) lalu, hingga 14 hari kedepan, dengan adanya penutupan akses tersebut, diharapkan jumlah warga terpapar Covid-19 tidak bertambah.

"Penyekatan dilakukan hingga kondisinya stabil dan mereka semua dinyatakan negatif," pungkasnya.