Jokowi Buka Vaksinasi Door To Door Untuk Warga Dan Pelajar

Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan warga Kampung Gongseng, RT 06/RW 07, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur secara virtual, Rabu 14 Juli/Repro
Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan warga Kampung Gongseng, RT 06/RW 07, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur secara virtual, Rabu 14 Juli/Repro

Pemerintah kini melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi Covid-19 dengan cara mengunjungi langsung rumah warga (door to door).


Strategi vaksinasi ini dimulai pemerintah dengan menggandeng Badan Intelijen Negara (BIN).

Presiden Joko Widodo menuturkan, vaksinasi door to door  ini menyasar kalangan warga dan juga pelajar dengan target sekitar 49 ribu peserta.

Kegiatan yang dilakukan secara serentak di 14 provinsi ini ditinjau secara virtual oleh Jokowi pada Rabu (14/7).

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan vaksinasi pada pagi hari ini untuk anak-anakku semuanya, baik yang di SMP maupun yang di SMA," ujar Jokowi.

Dari 49 ribu target sasaran vaksinasi, rinciannya meliputi 15 ribu untuk pelajar SMP, 15 ribu pelajar SMA, dan juga nanti door to door 19 ribu orang.

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan, pemerintah terus berupaya untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi agar kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi Covid-19 bisa segera tercapai.

Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi setidaknya 70 persen dari populasi penduduk atau sebanyak 181,5 juta jiwa.

"Kita ingin mendorong agar vaksinasi ini semuanya bisa dipercepat sehingga bisa tercapai kekebalan komunal dan kita bisa terhindar dari Covid-19," terangnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengapresiasi vaksinasi dari rumah ke rumah yang dilakukan oleh BIN, sehingga dapat menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat. Ia juga berharap akan lebih banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam program yang digulirkan pemerintah ini.

"Door to door ini bagus, jadi artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah, yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali,” ucap Jokowi saat berdialog dengan peserta dan pelaksana vaksinasi door-to-door di Kampung Gongseng, RT 06/RW 07, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Terima kasih juga untuk Pak Ketua RT yang juga telah ikut berpartisipasi mendorong warganya agar ikut vaksinasi. Tolong didorong terus warganya agar ikut program vaksinasi sebanyak-banyaknya," sambungnya dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Dalam dialog dengan Presiden Jokowi, Ketua RT 06/RW 07 Kelurahan Cijantung menyampaikan ucapan terima kasih atas program vaksinasi yang dilakukan pemerintah, yang diharapkannya dalam menekan laju penularan virus Covid-19.

"Kami mengucapkan banyak ribuan terima kasih atas vaksinasi yang telah dilakukan di RT 06/RW 07 Cijantung. Semoga ini bisa menekan virus agar tidak menular terlalu banyak. Semoga [pandemi] ini cepat berakhir,” ujar Ketua RT 06/RW 07 Kelurahan Cijantung.