Bupati Jember Siapkan Hotel Kebun Agung Jadi Tempat Isoman Pasien Covid-19

Bupati Jember, Hendy Siswanto bersama Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin dan Dandim Jember, Kapten Infanteri La Ode M Nurdin, saat meninjau hotel Kebun Agung/Ist
Bupati Jember, Hendy Siswanto bersama Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin dan Dandim Jember, Kapten Infanteri La Ode M Nurdin, saat meninjau hotel Kebun Agung/Ist

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, menyiapkan tempat isolasi mandiri (Isoman) terpusat, menyusul terus meningkatnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 baru dan pasien Covid-19 sembuh baru. Langkah ini, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. 


"Kami, sama pak Dandim dan pak Kapolres akan membuat isolasi terpusat. Isolasi terpusat hari ini, kami siapkan di hotel Kebun Agung, hotel kita sendiri. Di depan hotel ini, akan didirikan tenda kalau tidak cukup," kata Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, usai Kunjungan Kerja PPKM Level 3, di Desa/Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (26/7).

Usai kunjungan kerja di Desa Arjasa ini, bupati beserta rombongan langsung meninjau lokasi persiapan Isoman terpusat di Hotel Kebun Agung. 

Ikut dalam rombongan tersebut, Dandim 0824/Jember, Letkol Infanteri, La Ode Muhammad Nurdin, Kapolres Jember, AKBP Arif Rachman Arifin, anggota Forkopimda lainnya dan beberapa Kepala OPD terkait.  

Hotel Kebun Agung yang akan menjadi tempat isoman bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, berkapasitas 66 Kamar. Sebagai antisipasi terjadi lonjakan pasien, yang isoman maka akan mendirikan tenda darurat di sekitar hotel tersebut. 

"Kami targetkan 75 tempat tidurlah di hotel Kebun Agung. Mudah-mudahan tidak dipakai, karena berhasil menekan kasus Covid19," tuturnya.

Selain itu Pemkab Jember menyiapkan Stadion Jember Sport Garden (JSG), sebagai tempat isoman. Pihaknya sudah menyiapkan Hinga 300 Tempat Tidur. 

"Kami bekerja sama dengan teman-teman TNI-Polri, yakni Dandim dan Kesatuan 509, juga Kapolres Jember, untuk menyiapkan tempat tidurnya. Ini waktunya harus cepat," katanya.

Hingga saat ini Kabupaten Jember masih dalam Zona Merah, dan angka penyebaran Covid-19 masih meninggi. Namun sudah ada 3 kecamatan, yang sudah menjadi zona oranye. Karena itu, Bupati Jember juga akan menyiapkan Bantuan Sosial kepada keluarga yang sedang menjalankan Isoman. 

"Semua akan dibiayai termasuk keluarganya akan diberikan sembako serta yang isoman akan dapat fasilitas obat dan makan 3 kali sehari," jelas Bupati Hendy.

Bupati berharap kepada masyarakat untuk wajib mematuhi Protokol Kesehatan (prokes), sehingga dapat meminimalisir kasus penyebaran Covid-19 serta Kabupaten Jember segera menjadi Zona Hijau.

Sesuai data Satgas Penanganan Covid-19, jumlah warga Jember terkonfirmasi positif Covid-19 baru, untuk hari Minggu (25/7) sebanyak 226 orang, 108 orang sembuh, dan 20 orang meninggal dunia.

Total warga Jember terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 10.522 orang, 8.006, sembuh dan 843 meninggal dunia.dan kasus aktif 1.653 orang.