Serentak, Ratusan Ibu Hamil di Kota Kediri Mendapat Vaksin

Wali Kota Kediri dan Ketua TP PKK, saat melihat vaksinasi ibu hamil/RMOLJatim
Wali Kota Kediri dan Ketua TP PKK, saat melihat vaksinasi ibu hamil/RMOLJatim

Pemkot Kediri menggelar vaksinasi bagi ibu hamil. Pelaksanaan vaksin ini pun mendapat pantauan dari Wali Kota Abdulah Abu Bakar dan Ketua TP PKK, Ferry Silviana Abu Bakar.


Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Kediri, sebanyak 699 ibu hamil di Kota Kediri diberikan vaksin secara serentak.

Dengan rincian, untuk Kecamatan Kota ada 190 ibu hamil, untuk Kecamatan Pesantren ada 229, untuk Kecamatan Mojoroto ada 280 orang. Namun, dari jumlah tersebut ada beberapa ibu hamil yang masih enggan dan dilarang suaminya untuk vaksin. 

Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengatakan, para suami diharapkan mendorong istrinya untuk vaksin agar istrinya yang sedang hamil bisa terlindungi dari Covid-19. Setidaknya, dengan adanya vaksinasi ini bisa menekan kematian pada ibu hamil di Kota Kediri. 

"Harapannya semua ibu hamil di Kota Kediri bisa di vaksin semua. Karena bisa melindungi ibu hamil dari covid 19. Jangan takut untuk di vaksin. Suaminya, harus mendukung istrinya yang sedang hamil, untuk di vaksin," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (7/8). 

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, vaksin ini bisa melindungi janin yang dikandung, terlebih ketika si Ibu memiliki komorbid..

"Setidaknya, vaksin itu bisa melindungi ibu hamil. Jangan sampai ada yang tidak di vaksin," katanya.

Pelayanan vaksin bagi ibu hamil, terang Abdulah Abu Bakar, juga bisa dilakukan di puskemas maupun ditempat yang telah disiapkan oleh Pemkot Kediri.

"Seperti di beberapa taman di Kota Kediri, disediakan tempat khusus untuk ibu hamil untuk melakukan vaksin," tandasnya.