Airlangga Hartarto Miliki Kans Kuat untuk Maju di Pilpres 2024, Tapi Perlu Kerja Ekstra

Peneliti Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam/Net
Peneliti Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam/Net

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai memiliki modal cukup untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Keberhasilannya mengendalikan partai beringin menjadi salah satu indikator kepemimpinan Airlangga yang santun, akomudatif serta bersahaja.


"Sebagai politisi "adem" saya selama ini melihat Pak Airlangga punya jiwa kepemimpinan yang kuat saat mengendalikan Golkar yang dinamis. Tipe kepemimpinan beliau nenjadi modal dan bisa jadi cocok untuk kepemimpinan nasional negeri ini," kata peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (12/08).

Selain modal politik, kata Surokim, Airlangga juga memiliki segudang pengalaman di pemerintahan. Kinerja Airlangga sebagai Meko Perekonomian juga terbilang sukses. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) data kinerja perekonomian Indonesia pada kuartal II 2021. Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga konstan (ADHK) pada periode itu sebesar Rp 2.772,8 triliun. Jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya atau year-on-year (yoy), maka perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 7,07 persen. 

"Ditambah pengalaman birokrasi yang panjang saya pikir relatif lengkap modal beliau. Namun presiden Indonesia jelas hanya satu dan itu akan ditentukan relasi kuasanya oleh gabungan partai-partai sehingga kemampuan membangun komunikasi lintas partai menjadi hal yang menentukan," urai Surokim.

Untuk mewujudan itu semua, kerja politik Airlangga dan partai Golkar harus lebih ekstra. Selain menata relasi lintas partai, publikasi sosok Airlangga dan prestasi kinerjanya juga pneting ditingkatkan. Hal ini penting untuk mendongkrak popularitas Airlangga.

"Pak Airlangga harus bisa membangun komunikasi dengan partai partai besar yang lain untuk bisa dapat pasangan yang tepat dan pantas. Ya saya pikir Pak Airlangga termasuk tokoh potensial yang bisa running presiden di 2024," demikian Surokim.