Tren Kasus Covid Menurun, Pemkab Kediri Genjot Kesembuhan Pasien

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 dengan Forkopimda dan Kepala rumah sakit se-Kabupaten Kediri/RMOLJatim
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 dengan Forkopimda dan Kepala rumah sakit se-Kabupaten Kediri/RMOLJatim

Upaya Pemkab Kediri dalam menekan angka penyebaran kasus Covid-19 terus digalakkan meski saat ini tren covid telah menurun. Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan treatment melalui telemedicine dengan whatsapp dokter pendamping di tiap kecamatan. 


Demikian disampaikan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menggelar rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama Forkopimda dan Kepala rumah sakit se-Kabupaten Kediri di Pendopo Panjalu, Rabu (28/8).

“Jadi, kita sudah memutuskan apa-apa saja langkah strategis untuk menekan angka covid. Terutama bagaimana menggenjot dan meningkatkan kesembuhan pasien,” kata Bupati Hanindhito, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Selain telemedicine ini, Pemkab Kediri juga menjamin ketersediaan obat untuk mendukung penyembuhan pasien terutama yang menjalani isolasi mandiri dengan metode telemedicine tersebut. 

“Kita bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia dan Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Kediri, terdapat 27 Apotek yang tersebar di Kabupaten Kediri dan ketersediaan obatnya aman,” terang Hanindhito.

Sementara itu, menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Ahmad Khotib mengatakan, kondisi covid di Kabupaten Kediri juga mulai menurun. 

“Dibanding akhir Juli dan Awal Agustus, pertengahan Agustus ini angka Covid-19 menurun drastis,” tuturnya. 

"Bed Occupancy Ratio (BOR) di Kabupaten Kediri, tambah Khotib, menunjukkan rasio yang baik. “Hari ini (18/7) kita mencapai angka 58,9 %. Ini menunjukkan jumlah pasien di Kabupaten Kediri yang dirawat di Rumah Sakit juga berkurang,” tambahnya. 

Hal ini juga didukung dengan sudah difungsikannya gedung Pavilion VVIP RS SLG dengan jumlah bed 68 tempat tidur. 

“Sedangkan untuk RSDS akan difungsikan dalam 1-2 minggu ini. Sedang dalam proses ACC Nota dinas. Setelah semua acc Alkes dan Nakes akan segera dipindah ke SKB sebagai RSDS Kabupaten Kediri,” tandasnya.