Viral Video Kadisdikbud Bondowoso Karaoke Bersama Guru Perempuan, Satgas Covid-19 Langsung Lakukan Pemeriksaan

Tampak diduga Kadisdikbud Bondowoso saat karaoke/ist
Tampak diduga Kadisdikbud Bondowoso saat karaoke/ist

Video Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Bondowoso sedang berkaraoke saat jam dinas viral di berbagai grup WhatsApp, sejak Kamis (9/9).


Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik tersebut, tampak Sugiono Eksantoso, Kadisdikbud Bondowoso menyanyikan lagu 'Kandas' dengan salah satu guru perempuan di depan para guru-guru yang lain.

Pasca viralnya video tersebut, Kasatreskrim polres Bondowoso, AKP Agung Ari Bowo, mengatakan, pihaknya langsung melakukan pemanggilan terhadap sejumlah pihak yang terlibat.

"Hari ini kita panggil semua. Kita lakukan pemeriksaan dan swab antigen pada semua pihak yang terlibat dalam video tersebut," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (10/9).

Menurut Agung, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan swab antigen terhadap puluhan peserta di acara tersebut, baik dari jajaran Guru, Staf maupun orang yang berada di lokasi tersebut. 

"Pemeriksaannya bertahap, sekarang 10 orang, nanti bergantian. Jika ada yang reaktif, nanti kita bawa langsung ke ruangan isolasi terpusat di Pancoran," tuturnya.

Langkah kedepannya, kata Agung, pihaknya pemanggilan dan pemeriksaan pada semua pihak yang terlibat dalam  video tersebut.

Sementara terkait pemanggilan terhadap Kepala Dikbud, kata Agung, pihaknya akan melakukan pemeriksan secara bertahap, dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, maupun perempuan yang menjadi duet bernyanyi dalam video tersebut.

"Kalau itu nanti prosesnya bertahap, kita gerak cepat. Semuanya peserta kita tracing apakah ada dampak atas kegiatan itu," tegasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19, Mohamad Imron, membenarkan bahwa telah dilakukan pemeriksaan bertahap terhadap 10 peserta yang terlibat dalam acara tersebut.

"Sementara 10 orang kita lakukan pemeriksaan, hasilnya alhamdulillah non reaktif atau negatif,"ucapnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, viral sebuah video diduga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Sugiono Eksantoso dangdutan saat jam dinas. Tampak ia melanggar protokol kesehatan Covid-19. 

Dalam video tersebut, ia berduet dengan salah seorang perempuan yang juga berseragam dinas. Pria diduga Sugiono dan lawan duetnya tak memakai masker dengan benar. Dimana maskernya ditaruh di dagu. Baik Sugiono maupun lawan duetnya mengenakan seragam dinas berwarna putih.

Selain tidak menggunakan masker dengan benar. Pria dalam video itu juga tidak menjaga jarak dengan lawan duetnya. Bahkan ia berdempetan saat melantunkan lagu.