Jual Beli Jabatan, KPK Cari Barang Bukti Hingga Tempat Sampah

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

KPK menggeledah empat kantor dinas di Pemkab Probolinggo dalam sehari. Empat kantor dinas tersebut adalah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, dan Dinas Perpusda.


Di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, petugas KPK curiga ada dokumen yang sengaja dihilangkan. Maka dari itu, Rabu (29/9) sekitar pukul 12.00 WIB, petugas KPK didampingi salah satu staf dari dinas tersebut, keluar dan menuju tempat sampah yang ada di depan kantor.

Petugas KPK meneliti sampah kertas yang diduga dokumen yang sengaja dibakar. Lalu petugas kembali masuk dan melanjutkan penggeledahan. Hingga saat ini, penggeledahan masih berlangsung. Penggeledahan dijaga dua anggota bersenjata lengkap dari Sat Sabhara Polres Probolinggo Kota.

Penggeledahan juga masih berlangsung di Dinas Perikanan dan Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Sementara penggeledahan di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah selesai. 

Petugas KPK keluar dengan membawa satu koper, yang diduga berisi dokumen dan barang elektronik, yang ada kaitannya dengan kasus jual beli jabatan Pj Kades.

Hingga kini sudah 16 kantor dinas di Pemkab Probolinggo yang digeledah KPK, dalam penanganan lanjutan kasus jual beli jabatan Pj Kades, yang menyeret Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. 

KPK sudah menetapkan 22 tersangka dan ditahan di Rutan KPK. Hingga saat ini belum ada rilis resmi dari KPK, soal tersangka baru.