Menarik, Di Jember Donor Darah Sambil Mengenalkan Kearifan Lokal

Donor darah sambile mengenalkan kearifan lokal/Ist
Donor darah sambile mengenalkan kearifan lokal/Ist

Ada yang menarik di wilayah Jember dan Bonodowoso. Bukan hanya sekedar menggelar donor darah massal, tapi dalam kegiatan tersebut juga dibarengi dengan mengenalkan kearifan lokal sekaligus sumbang sayuran.


Koordinator acara donor darah di Jember Agung Prasetyo mengatakan, program donor darah #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. 

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders, dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur. 

"Antusiasme masyarakat yang tergabung dalam beberapa komunitas ini sangat tinggi. Untuk karta mereka melaksanakan donor sambil mengenalkan kearifan lokal, seperti ada yang pakai baju adat Madura," katanya, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (31/10)

Karta yang mengenakan baju adat ini dari Karang Taruna Sorban dan Komunitas Arek Kencong, Jember. Selain memakai baju adat, mereka juga turut memberikan 50-an paket sayuran yang berisi tomat, timun, sawi yang dibeli dari petani di Kencong Jember. Paket ini dberikan kepada pendonor di luar paket susu, makanan, dan minuman yang biasa diberikan PMI. 

Komunitas Karta yang ikut dalam donor ini adalah Arek Cangkring (ARCA), Karya Muda Dan Singo Muncul, The Ello Godhog, Laskar Segoro Kidul, Ikatan Muda Mudi Bersatu (IMMB), Komunitas Arek Tamansari (ARTAM), Rukem Penitik, Generasi Pemuda Gedangan (GMG), Karang Taruna Sorban, Komunitas Arek Kencong, Konco Doyonk, Karta Sembara, Karang Taruna Lare Ponjer, Karat Besi, Gobar, Sarwa, Mitra Kerja, dan Antariksa. 

Untuk komunitas Bold Riders ada dari BRJ (Byson Rider Jember), YVCI-VJ (Yamaha Vixion Club Indonesia Jember), YR15CI (Yamaha R15 Club Indonesia), Dewata Rockers MG Jember, Ninjers Jember, MCSCI, ICI, PRMI, FB Jember, FCBI, Lensa Jember, Djecko, YVCI BS, V-ONE Bondowoso, BOSEFIC, CCI Bondowoso, GMC Bondowoso BARBOSA, ARC B. 

"Total ada 34 komunitas yang terlibat, jumlah warga yang mendaftar menjadi pendonor 529 peserta. Dari jumlah itu yang bisa mendonor sekitar 337 orang, sisanya 192 orang tidak bisa mendonor karena tidak memenuhi syarat," jelas Noer Komari. 

Donor darah massal digelar di wilayah Jember dan Bondowoso sejak tanggal 17 Oktober hingga 24 Oktober 2021 di 11 titik berbeda. Antusiasme warga yang tinggal di daerah yang dikenal sebagai Tapal Kuda ini sangat tinggi, ada ratusan kantong darah yang berhasil dikumpulkan. 

Kegiatan Donor Darah  #SetetesDarahUntukNegeri2021 yang digelar ini juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak. 

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. 

Kegiatan ini juga untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan di antara ribuan anggota komunitas, Kolaborasi KITA kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk Bakti Pemuda, #SetetesDarahUntukNegeri 2021. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.