Peringati Hari Jadi ke 728, Bupati Tuban Ziarah ke Makam Leluhur 

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat ziarah ke makam leluhur/RMOLJatim
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat ziarah ke makam leluhur/RMOLJatim

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky didampingi Wakil Bupati Tuban H. Riyadi serta Forkopimda Tuban melaksanakan ziarah makam leluhur, Kamis (11/11).


Kegiatan yang rutin dilakukan setiap Hari Jadi Kabupaten Tuban tersebut juga diiikuti oleh Kepala BNNK Tuban, Kepala Kemenag Tuban, Sekda Tuban serta Pimpinan OPD.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban beserta rombongan berziarah ke Makam Sunan Bonang di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban kemudian dilanjutkan ke Makam RH. Ronggolawe di Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Tuban, lalu ke Makam P. Sujono Putro di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Makam Bupati Pertama Tuban Dandang Wacana di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Makam Sunan Bejagung di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Makam Brawijaya V di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, dan Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang.

Mas Lindra panggilan akrabnya Bupati Tuban menuturkan, kegiatan ziarah ke makam pendahulu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tuban ke 728. Ziarah tersebut juga bentuk penghormatan kepada para pendahulu yang telah membawa Tuban hingga berumur 728 tahun. 

"Kita semua berziarah ke makam para pendahulu untuk mengingat bahwa pembelajaran kepada kita semua untuk meneruskan cita-cita para pendahulu kita," tutur Mas Lindra dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Mas Lindra juga menegaskan jika saat ini pihaknya fokus pembangunan Kabupaten Tuban melingkupi semua aspek, baik ekonomi, sosial, budaya, infrastruktur, kepemudaan, olahraga dan lainnya. 

Pemerataan program dilakukan, menurutnya agar tercapai kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai itu semua pihak harus ada kolaborasi dan sinergi dengan unsur pemerintahan. 

"Kita tidak memfokuskan pada satu sektor saja, semua digarap, dan berkolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Mas Bupati.

Usai ziarah makam leluhur, rangkaian hari jadi Kabupaten Tuban ke 728 dilanjutkan dengan Malam Tirakatan yang dilaksanakan di Kota Lama di Balai Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding. 

Adapun puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke 728 dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 November 2021 dengan upacara dan resepsi. 

Tahun ini berbagai kegiatan dan perlombaan juga telah disiapkan untuk memperingati Hari Jadi Tuban Ke 728.