Ribuan Personel Polisi Gabungan Disebar untuk Amankan Pilkades Serentak di Bondowoso

Apel Pasukan Polres Bondowoso/RMOLJatim
Apel Pasukan Polres Bondowoso/RMOLJatim

Pilkades serentak yang akan dihelat besok, Senin (15/11) di 171 Desa di Bondowoso menjadi perhatian serius Polres Bondowoso.


Polres Bondowoso dibantu Polres Mojokerto, Malang Kota, Malang Kabupaten, Pasuruan Kota Pasuruan Kabupaten, Probolinggo Kota, Probolinggo Kabupaten, Lumajang, Jember, Banyuwangi dan Situbondo akan menerjunkan setidaknya 1.680 personel.

Kabag Ops Polres Bondowoso AKP Agustinus Robbi Hartanto menerangkan, Pasukan tersebut juga ditambah 6 SSP Sat Brimob Polda Jatim dan 3 SSP (Satuan Setingkat Peleton) Dalmas Polda Jatim. Mereka disebar ke semua titik yang menggelar Pilkades Serentak. 

"Untuk yang BKO pengamanan TPS otomatis kita sebar di 23 kecamatan di 171 TPS. Sedangkan untuk Sat Brimob, sebanyak dua pleton disebar di Rayon Jambesari dan Prajekan. Untuk yang Dalmas disebar di Sukosari, Wonosari dan Curahdami," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (14/11).

Mereka akan melakukan pengamanan selama 3 hari yakni pada tanggal 14-16 November. Penyebaran pasukan juga dilakukan di beberapa titik rawan yakni di Kecamatan Prajekan dan Kecamatan Jambesari Darussolah yang membawai beberapa Polsek. 

"Tetap kita stanby kan 1 SSB Brimob Polda. Itu yang kita anggap rawan. Prajekan kan membawai Botolinggo, Cermee dan Prajekan sendiri," kata Robbi.

Adapun di Desa Pakuwesi yang sempat memanas sebelum pelaksanaan Pilkades, Robbi menyebut bahwa di tempat tersebut masih ada sisa 4 SSP Brimob Polda Jatim dan 1 SSP Tim Anarkis yang stanby di Mapolres. 

"Sedangkan yang di Jambesari kan di sana ada Tamanan, Tlogosari, Grujugan, Maesan. Karena titik rawannya ada di Jambesari makanya kita pasukan stanbykan di sana," lanjutnya.

Selain kepolisian, personel pengamanan Pilkades juga dibantu oleh TNI sebanyak 3 SSP, Satpol PP dan beberapa lintas sektoral lainnya. " Kalau butuh tambahan personel ya kita tinggal koordinasikan dengan Pak Dandim," ucapnya.

Dalam Apel Pergeseran Pasukan yang digelar di halaman Mapolres Bondowoso, Minggu pagi, para personel diminta untuk bersikap netral dan tidak berpihak kepada siapapun. Serta menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkades dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. 

"Kita sampaikan bahwa polisi adalah problem solving. Jangan sampai kedatangan kita malah menimbulkan masalah. Bersikap netral dan tidak berpihak kesana-kesini. Kita sifatnya hanya mengamankan pestanya masyarakat. Jaga kondisi mereka dan tetap melaksanakan kegiatan ini dengan Prokes. Itu aja penekanannya," pungkasnya.