Pilkades Serentak 51 Desa di Banyuwangi, DPRD Minta Para Pihak Utamakan Keamanan

Caption: Ketua Komisi 1 DPRD Banyuwangi, Irianto
Caption: Ketua Komisi 1 DPRD Banyuwangi, Irianto

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi meminta para pihak untuk mengutamakan keamanan dalam seluruh tahapan Pilkades Serentak di 51 desa tahun ini.


Hal itu dikatakan Ketua Komisi I, Irianto, yang mengatakan meskipun di beberapa kabupaten lain memutuskan untuk menghentikan atau menunda Pilkades karena bersamaan dengan tahapan Pemilu 2024. Namun di Banyuwangi diharapkan dapat berjalan lancar dan aman.

Untuk itu, Irianto meminta seluruh pihak untuk secara bersama-sama mengutamakan kondusifitas di setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades.

"Pelaksanaan Pilkades di kita tetap jalan, padahal daerah lain ada yang menunda. Kita menyarankan selagi masih bisa kondusif nggak apa-apa," katanya, dikutip Kamis (10/8)

Terlebih saat ini, tahapan Pilkades Serentak 2023 telah memasuki tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa. Maka upaya untuk meredam gesekan yang berpotensi terjadi antar warga desa sebisa mungkin dapat dikendalikan.

"Jika pelaksanaan pilkades tidak kondusif dapat mengganggu kepentingan yang lebih besar, yakni Pemilu 2024," ujarnya.

Untuk itu, sinergitas aparat keamanan dengan panitia pilkades perlu ditingkatkan untuk menjaga kondusifitas wilayah di masing-masing desa yang melangsungkan ajang demokrasi level desa tahun ini.

Untuk diketahui, pada tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa berakhir pada tanggal 7 Agustus 2023. Apabila kandidatnya lebih dari lima orang, maka panitia itu menjadi kewenangan panitia.

“Bila kandidatnya lebih dari lima tentu ada seleksi tambahan, saya minta panitia harus transparan dan tidak berpihak kepada kandidat siapa pun,” pinta politisi PDIP ini.

Seperti diketahui, Pilkades Serentak 2023 di Banyuwangi diikuti 51 desa di 23 kecamatan. Jumlah total pemilih sebanyak 309.503 yang berdomisili di 188 dusun. Itu berdasarkan SK Bupati Banyuwangi Nomor 188/110/KEP/429.011/2023 Pemungutan suara Pilkades pada 25 Oktober 2023 mendatang.(adv)