UPT Metrologi Tera Ulang Puluhan Timbangan Milik Pedagang Pasar Bence

Petugas Saat Melakukan Tera Ulang Timbangan/RMOLJatim
Petugas Saat Melakukan Tera Ulang Timbangan/RMOLJatim

Puluhan pedagang di Kota Kediri mengikuti sidang Tera dan Tera Ulang, di pasar Bence Kota Kediri. Kegiatan ini untuk memastikan timbangan yang dimiliki para pedagang sesuai dengan ukuran semestinya.


Sidang tera dan tera ulang yang dilaksanakan UPT Metrologi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, dilakukan untuk perbaikan alat ukur takar timbang dan perlengkapannya atau UTTP. 

Kabid Kemetrologian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Joni Adi Purnomo mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar para pedagang memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya menggunakan UTTP secara baik dan benar. Selain itu, agar pembeli dan pedagang, tidak ada yang merasa dirugikan. 

"Setiap tahun kami selalu melakukan tera ulang pada timbangan para pedagang. Hal ini kita lakukan, agar para pedagang mengetahui, jika timbangan yang dimilikinya masih layak pakai atau tidak. Sehingga, kami bisa membantu untuk dilakukan tera ulang," Kata Joni Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (15/11). 

Dalam kegiatan ini, semua timbangan baik timbangan meja, digital hingga duduk ditera ulang. Sebelumnya, para pedagang melakukan pendaftaran, kemudian timbangan akan direparasi terlebih dahulu. 

Selanjutnya, timbangan dan anak timbangan akan ditera menggunakan alat tera yang telah dikalibrasi tahunan berkala ke Direktorat Metrologi di Bandung. Nantinya kegiatan sidang tera dan tera ulang ini, akan dilaksanakan sampai tanggal 8 Desember 2021 di beberapa pusat perdagangan atau pasar di Kota Kediri.