DPRD Gresik Nilai Etos Kerja OPD Merosot Drastis

Ketua DPRD Gresik Muh Abdul Qodir/RMOLJatim
Ketua DPRD Gresik Muh Abdul Qodir/RMOLJatim

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani sudah setahun lebih memimpin. Namun, hingga sekarang dinilai melum mampu membuahkan hasil signifikan sesuai visi-misi yang tertuang dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).


Bahkan, etos kerja sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) cenderung merosot dan ada yang menurun secara drastis.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Gresik Muh Abdul Qodir saat memimpin rapat Paripurna di gedung DPRD Gresik, Kamis (30/6).

"Sampai triwulan kedua di banyak lokasi ditemukan fakta belum terealisasinya sejumlah program OPD yang sudah tertuang dalam APBD tahun 2022," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Qodir menyebut beberapa contoh banyak infrastruktur yang tak tertangani dengan baik. Misalnya, rusaknya Jembatan Kacangan dan Jembatan Klampok di Kecamatan Benjeng yang sampai saat ini tak kunjung ada progres perbaikan yang signifikan. 

“Beberapa waktu lalu, saya melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Gresik soal kedua jembatan itu. Mereka menjanjikan awal bulan Juni di minggu pertama akan dilakukan pembangunan, namun sampai saat ini belum juga direalisasikan sama sekali,” ungkap Ketua DPC PKB Gresik ini.

Selain DPUTR, lanjut dia, sejumlah OPD lain juga dinilai lambat atau mengalami penurunan etos kerja secara drastis. Seperti, Dinas PMD, Dinas Perkim, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan serta beberapa dinas lainnya.

“Sampai pada triwulan kedua, banyak program yang belum dijalankan secara optimal oleh OPD terkait,” sambungnya.

Untuk itu, Qodir meminta seluruh OPD Pemkab Gresik segera melakukan akselerasi program pembangunan di tahun anggaran 2022 agar program kerja yang sudah dicanangkan dalam RKPD bisa terealisasi secara maksimal. 

“Kami mendukung Bupati Gresik agar memanfaatkan Forum One Week untuk dijadikan evaluasi total atas kinerja semua OPD di Kabupaten Gresik," pungkasnya.