Pantai Perawan, Panorama yang Tersembunyi di Desa Kalisalam Probolinggo

Beberapa wisata lokal saat mendatangi lokasi wisata Pantai di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu. /RMOLJatim
Beberapa wisata lokal saat mendatangi lokasi wisata Pantai di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu. /RMOLJatim

Kabupaten Probolinggo memiliki segudang destinasi wisata yang tersembunyi. Salah satunya adalah pantai di ujung utara Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.


Pantai yang berjarak hanya 2 Kilometer dari Jalan Raya Dringu, berada di dusun Wonosalam dengan akses jalan yang cukup lebar. Selain itu fasilitas yang disediakan pun belum lengkap.

"Bulan Desember ini, di pantai itu segara akan di bangun Gazebo dan fasilitas umum lainnya," jelas Pj Kepala Desa Kalisalam, Joko Tono Susanto, pada Kantor Berita RMOL Jatim, Selasa (24/11).

Di pantai itu, masih kata Joko, wisatawan yang berkunjung kebanyakan wisatawan lokal saja. Padahal panorama pantai ini tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang sudah dikenal wisatawan.

"Ketika di pantai itu, saya seperti terhipnotis oleh panorama alamnya yang indah. Bisa menikmati Sunset juga," sebutnya.

Selain itu, Joko memaparkan, para wisatawan akan dibuat tercengang oleh suguhan alamnya yang unik dengan karakter khas pesisir Pantai Utara.

"Karena bentangan pasir membuat wisatawan pasti semakin nyaman dan menjadi tempat mengambil gambar yang sempurna. Di tepian lain wisatawan akan disuguhi keindahan laguna-laguna kecil yang airnya berkilau menjadi suguhan alami," paparnya.

Pantai yang masih perawan itu, saat ini akan dikelola oleh Pokdarwis dan warga desa sekitar. 

"Untuk saat ini, nantinya kita kembang pesatkan lagi kedepannya. Karena ini memang potensi yang luar biasa," ungkap dia.

Sementara itu, Camat Dringu Ulfi Ningtiyas mengatakan, kalau pihaknya sudah mengecek langsung keberadaan pantai di desa Kalisalam yang masih perawan itu.

"Saya seperti termagnet karena panorama alamnya yang indah. Apalagi pantai itu merupakan satu hamparan dengan pantai di desa Dringu," ungkap dia.

Ulfi menambahkan, pihaknya menyemangati para warga yang akan menggali potensi wisata di desanya.

"Saya pribadi mendukung penuh langkah ini. Karena ini juga untuk mendongkrak ekonomi masyakarat," paparnya.

Disisi lain, Kasi Destinasi Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Musa mengungkapkan, kalau di Kabupaten Probolinggo memang banyak sekali sektor wisata yang harus digali.

"Makanya, itulah yang dinamakan dengan endless Probolinggo. Karena Kabupaten Probolinggo banyak sekali potensi wisata," paparnya.

Untuk itu pihaknya tidak ingin kalau potensi wisata yang ada di wilayah lainnya, tidak dimanfaatkan oleh warga.

"Sehingga, para warga harus bisa memanfaatkan bentul dan mengelola wisata didesanya semaksimal mungkin," pungkasnya.