Salurkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru, Bupati Tuban: Jika Diperlukan, Kita Siap Terjunkan Tim Tanggap Darurat

Bupati Tuban saat mengecek bantuan yang akan disalurkan/Ist
Bupati Tuban saat mengecek bantuan yang akan disalurkan/Ist

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, didampingi Wakil Bupati, H. Riyadi, SH, Kapolres Tuban, AKBP Darman dan Sekda Tuban, Budi Wiyana memberangkatkan kendaraan pengirim bantuan bencana erupsi gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/11).


Rombongan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dan Baznas Tuban dilepas dari Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan turut berdukacita atas bencana erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Penyaluran bantuan ini menjadi wujud solidaritas dari Kabupaten Tuban kepada masyarakat yang tertimpa musibah di Lumajang.

Bantuan yang disalurkan berasal dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tuban dan Baznas Tuban. Sinergitas lintas sektoral diperlukan agar bantuan lebih optimal. Bantuan tersebut berupa uang, bahan makanan, dan barang lainnya

"Total bantuan yang terkumpul mencapai 154 juta," ungkapnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa ( 7/11).

Bupati Lindra menjelaskan, proses pengumpulan bantuan akan kembali diadakan apabila memang diperlukan. Pemkab Tuban juga siap mengirimkan personil BPBD dan Tagana Tuban.

"Jika memang diperlukan tim tanggap darurat Kabupaten Tuban siap diterjunkan kapan saja," tegasnya.

Bupati Tuban berharap bantuan yang disalurkan bermanfaat, setidaknya mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak.

"Kita berdoa semoga kondisi masyarakat disana lekas pulih. Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," pungkasnya.

Diketahui, proses pengiriman bantuan erupsi Semeru dikawal langsung Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Yudi Irwanto dan Kepala Dinsos P3A Tuban, Eko Julianto. Turut pula dalam rombongan jajaran pengurus Baznas Tuban.