Muscab Ika PMII Bondowoso Dilanjutkan, 4 Calon Resmi Mendaftar

Logo Ika PMII/net
Logo Ika PMII/net

Musyawarah Cabang (Muscab)Ikatan keluarga alumni pergerakan mahasiswa Islam Indonesia (Ika PMII) Bondowoso akan segera berlangsung, kini pendaftaran calon ketua sudah ditutup.


Setelah sebelumnya IKA PMII Bondowoso sempat dikarteker oleh pengurus wilayah (PW) Ikapmii Jawa Timur. 

Hingga pendaftaran mencapai hari terakhir. Jumat (10/12) malam. Empat nama diketahui mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum. Diantaranya, M Asnawi Sabil, Sukandar, Abdul Mufid, Ahmad Rifai. Dua diantara calon tersebut mendaftar secara langsung ke Graha PMII Bondowoso. Sementara dua lainnya mendaftar melalui via WhatsApp.

Dijelaskan Mukhlis Adi Rangkul, Ketua Panitia Muscab Ikapmii Bondowoso, sebelumnya proses Muscab sempat ricuh, sehingga di karteker oleh PW Ikapmii. 

"Karteker itu untuk mengantarkan kepengurusan yang baru. Kemudian karteker sudah membentuk panitia untuk melaksanakan Muscab," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (12/12).

Mukhlis juga menuturkan, berdasarkan amanah ketua umum PW Ikapmii Jawa Timur, sebenarnya tidak ada Muscab kembali. Artinya langsung melalui penunjukan langsung. 

"Jadi siapa yang diaklamasi, dia yang jadi," bebernya.

Tapi karena beberapa pertimbangan, amanah tersebut tidak bisa dijalankan. Akhirnya, pihaknya menggelar Muscab ulang. Termasuk proses pendaftaran calon, pihaknya membuka pendaftaran dari 06 hingga 10 Desember 2021.

Pihaknya juga menegaskan, sudah menyebar luaskan Informasi proses pendaftaran ulang melalui Grup WhatsApp yang menampung alumni PMII di Bondowoso. Cara tersebut dinilai lebih efektif dibandingkan menyebarkan melalui pamflet, kemudian di tempel di berbagai tempat. 

Pendaftaran calon sendiri juga berbeda dengan sebelumnya. Kali ini tidak ada lagi uang mahar yang harus dibayar oleh para calon. Sebelumnya, para calon harus membayar Rp 5 Juta. 

"Salah satu pemicunya rame itu, ada yang tidak sepakat dengan mahar tersebut," jelasnya.

Terkait proses pemilihan ketua umum nantinya, Ia memaparkan akan dibahas melalui rapat internal oleh alumni yang ada di Bondowoso. Melalui Muscab yang akan dilaksanakan pada 18 hingga 19 Desember mendatang. 

"Tergantung bagaimana tatib. Tatibnya akan dibahas nanti," katanya.

Lebih lanjut, ia berharap Muscab kali ini dapat berjalan dengan lancar. Serta tidak terjadi lagi kericuhan dan konflik seperti sebelumnya. 

"Semuanya harus sadar diri Ikapmii adalah rumah kita bersama," pungkasnya.