Sering Banjir, PUPR Kabupaten Madiun Bangun Drainase Sumbersari Saradan

Proyek Drainase/Ist
Proyek Drainase/Ist

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kabupaten Madiun terus melakukan upaya peningkatan kualitas jalan, salah satunya melalui pembenahan drainase sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan.


Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Madiun Anang Tri Tjahjono, menjelaskan pembangunan drainase ruas jalan Kedungrejo di desa Sumbersari kecamatan Saradan. Sepanjang 225 meter merupakan bangunan pelengkap yang berfungsi untuk mengalirkan air agar ketinggian air tidak mengenangi badan jalan.

"Jadi ini berfungsi untuk mengalirkan air tujuannya tidak membanjiri badan jalan," jelas Anang kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (14/12).

Anang mengatakan, pembangunan drainase dengan target akan selesai pada tanggal 22 Desember 2021. Namun saat ini progress pekerjaan dengan pagu anggaran Rp. 174.850.301 tersebut sudah mencapai 99 persen. Hanya tinggal finishing.

"Tinggal dirapikan saja, pekerjaannya sudah mencapai 99 persen," jelasnya

Sekedar diketahui, Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan selain sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan, juga bermanfaat guna memperpanjang usia layanan jalan.