Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Puluhan Rumah di Pilangkenceng Madiun

Banjir Bandang di wilayah Dusun Kebonduren, Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun./ist.
Banjir Bandang di wilayah Dusun Kebonduren, Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun./ist.

Diguyur hujan lebat wilayah Kabupaten Madiun dikejutkan banjir bandang di Dusun Kebonduren, Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Banjir bandang tersebut diketahui warga saat akan berbuka puasa, senin (1/4).


Salah Satu Warga Setempat Agus Wahono menuturkan, peristiwa tersebut berawal dari guyuran hujan deras sekitar pukul 14.00 WIB. Sekitar 10 rumah rusak akibat diterjang banjir bandang. Saat ini dirinya sedang jaga jaga di rumah, guna antisipasi peristiwa susulan.

“Air masuk ke pemukiman warga mulai sekitar pukul 16.00 WIB. Perlahan lahan air mulai naik dan merendam rumah,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Kenongorejo, Tatang Heru Purnomo menambahkan, sekitar 4 RT ini terkena imbas dari banjir bandang.

“Ketinggian air bervariatif mulai dari lutut sampai ada yang sepinggang orang dewasa,” bebernya,”

Banjir tersebut lanjut Tatang, luapan dari sungai Kebonduren, tepatnya aliran air dari hulu Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro.

“Warga sudah dievakuasi ke tempat aman. Adapun jumlah rumah yang rusak masih kami inventarisir. Besok kami kerja bakti membersihkan sisa sisa lumpur,” pungkasnya.