Dampak Gempa di Jember Terus Meluas

Dampak gempa di Jember/ ist
Dampak gempa di Jember/ ist

Meski Gempa Bumi yang berkekuatan M 5,1 sesuai Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) tidak berpotensi tsunami, namun nampaknya terus meluas. 


Laporan sementara BPBD Jember, hingga pukul 09.00.WIB, dampak gempa berada di 5 kecamatan Kabupaten Jember, yakni 4 kecamatan yang berada di wilayah pesisir selatan Jember, yang berdekatan dengan pusat gempa dan satunya lagi berada di kecamatan Jember Utara.

"Beberapa wilayah di selatan Kabupaten Jember ada yang terdampak dan sampai saat ini, masih dalam pendataan," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Jember, Heru Widagdo, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (16/12).

Dia menjelaskan, untuk sementara lokasi yang terdampak, yang berhasil dihimpun berada di pesisir selatan, ada 4 kecamatan, yaitu pertama Kecamatan Ambulu, ada 4 desa, yang terdampak, yakni Desa Ambulu, Desa Sumberejo, Desa Andongsari  dan Desa Sabrang. Kedua Kecamatan Tempurejo, ada 3 desa, yakni  Desa Wonoasri, Desa Pondokrejo dan  Desa Curahnongko.

Di Kecamatan Puger ada 1 desa terdampak, yakni Desa Jambearum dan keempat Kecamatan Wuluhan, yakni Desa Dukuhdempok. 

Sedangkan rumah yang terdampak Gempa di wilayah Jember Utara, yakni kecamatan Silo, berada di  Desa Sidomulyo. 

"Ada beberapa rumah rusak, yang tersebar di 10 desa, pada lima kecamatan tersebut," katanya.

"Laporan sementara rumah rusak Ringan ada, 8 KK, 1 fasum atau ponpes, rusak Sedang, 4 KK dan rusak berat ada 1 KK," sambungnya. 

 Dia menjelaskan, kemungkinan data lokasi terdampak masih dapat berkembang. Dia menghimbau kepada masyarakat  agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Selain itu dia minta masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal tersebut,  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa,  yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

Sebelumnya, Gempa bumi magnitude 5,1 SR, yang mengguncang Kabupaten Jember, berdampak kerusakan pada puluhan bangunan rumah dan fasilitas pesantren di sejumlah titik di kawasan pesisir selatan Jember. Akibat kejadian itu, 2 orang dilaporkan terluka, tertimpa genteng dan asbes, saat gempa terjadi.