Pastikan Aman Bagi Lansia dan Siswa SD, Wabup Jember Jadi Penerima Vaksin Booster Pertama

Wabup Jember, Gus Firjaun saat menerima vaksin booster/RMOLJatim
Wabup Jember, Gus Firjaun saat menerima vaksin booster/RMOLJatim

Untuk memastikan vaksin booster aman bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan Siswa Sekolah Dasar (SD), Wakil Bupati (Wabup) Jember, KH Drs. Muhammad Balya Firjauan Barlaman menjadi penerima vaksin pertama, yang langsung diikuti oleh seorang warga lansia dan salah seorang siswa SD.


Hal itu dilakukan Gus Firjaun, sapaan akrab Wabup Jember saat menggelar pencanangan vaksinisasi booster ke 800 ribu sasaran, yang  digelar di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember pada Jumat siang (28/1).

Usai menerima vaksin booster, Gus Firjaun  mengatakan, vaksin lanjutan ini meliputi beberapa kategori usia. Untuk usia 18 tahun  sampai 59 tahun  ada sebanyak 701.597 sasaran.

"Sedangkan Untuk lansia 60 tahun keatas , sebanyak 79.693 sasaran," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dijelaskan Gus Firjaun, untuk vaksin dosis 1 Pemkab Jember sudah melampaui target 70,94 persen atau sejumlah 1 juta 415 ribu sasaran lebih. Sedangkan dosis 2 sudah mencapai 45,9 persen lebih. 

"Sedangkan lansia dosis pertama sudah tercapai sebanyak 159.684 orang atau 57 persen dan dosis kedua 78.832 orang atau 28,16," jelasnya.

Atas capaian tersebut, Gus Firjaun menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak.

"Semoga Jember segera terpenuhi dan tercapai sasaran vaksinasi, sehingga pertumbuhan ekonomi di kabupaten Jember bisa segera bangkit kembali," harap pengasuh Pondok Pesantren Astra Jember ini. 

Gus Firjaun juga berharap, pasca pencanangan ini supaya segera dilakukan percepatan vaksinasi yang diikuti oleh elemen masyarakat lainnya di Kabupaten Jember. Sebab, jika capaian sasaran vaksin tinggi maka akan mendapatkan kelonggaran kegiatan masyarakat yang lebih luas, termasuk ekonomi dan pendidikan. 

"Sehingga ini menjadi entry poin pemulihan ekonomi nasional, khususnya perekonomian di Jember," katanya.

Sementara Siti Fatimah (71), warga kelurahan karang Rejo kecamatan sumber sari, mengaku senang bisa mendapatkan vaksinasi booster vaksinasi lanjutan dosis 3, dalam pelaksanaan vaksinasi booster perdana ini. Tujuannya untuk mendapatkan kekebalan tubuh, supaya tidak mudah terpapar covid 19.

"Sebab, saya masuk kelompok lansia,  kelompok paling rentan tertular Covid 19. Ini sebagai bentuk perlindungan diri," katanya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Hj. Lilik Lailiyah mengatakan, kegiatan vaksinasi perdana ini dimulai dari kelompok lansia terlebih dahulu. Sebab, lansia adalah kelompok paling rentan.