Di Gresik Sudah Tidak Ada yang Jual Minyak Goreng, Pemerintah Salah Strategi

Rak minyak goreng yang kosong tidak ada stok
Rak minyak goreng yang kosong tidak ada stok

Kebijakan Pemerintah dengan menurunkan harga minyak goreng perliter menjadi Rp 14 ribu, yang berlaku sejak 12 Januari 2022 lalu, seolah tak berbanding lurus.


Di pasaran masyarakat justru merasa kesulitan untuk mendapatkannya. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Astuti (40) seorang ibu ramah tangga asal Kebomas Gresik, Jawa Timur, yang mengaku selalu kesulitan mendapatkan minyak goreng di ritel modern.

"Sejak turunnya harga minyak goreng, stok minyak goreng di pasaran justru makin langkah untuk di dapatkan mas. Padahal biasanya di supermarket selalu tersedia jika saya belanja, tapi sekarang selalu kosong," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim saat disalah satu ritel modern di kawasan Kebomas, Gresik, Senin (31/1).

Senada juga dikatakan Yulia (32) warga Manyar Gresik, yang tengah berkeliling ke sejumlah ritel modern hanya untuk membeli minyak goreng. 

"Saya ini tadi sudah 6 keluar masuk minimarket mas untuk beli minyak goreng, tapi tidak mendapatkan. Alasan penjaganya stok habis," ucapnya dengan nada kesal.

"Ngak hanya hari ini saja lho mas saya mencari minyak goreng, dari kemarin juga sama. Mestinya pihak terkait respek dengan melakukan operasi pasar, untuk mastikan keberadaan minyak goreng ini," tegasnya.

"Jangan sampai kebijakan positif dari pemerintah ini, tidak dipatuhi terutama oleh pihak-pihak tertentu dengan menimbun atau sengaja menahan keberadaan minyak goreng untuk tidak dipasarkan. Ini harus diselediki oleh pihak terkait, baik oleh kepolisian maupun dinas terkait," tandas perempuan yang mengaku sebagai aktivis sebuah ormas ini.

Sementara salah satu petugas ritel modern yang minta namanya tidak disebutkan menjelaskan, bahwa kekosongan minyak goreng ditempat ia bekerja terjadi sejak harga minyak goreng turun menjadi Rp 14.000 perliter. 

"Sampai saat ini, stok minyak goreng belum tersedia lagi. Kalau datang pun stoknya juga sedikit dan langsung habis dibeli pembeli," tuturnya.