Begini Cara PPP dan PAN Selamat dari Pertarungan Pemilu 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hadiri acara PPP DKI Jakarta yang mendoakan almarhum Abraham Lunggana/RMOL
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hadiri acara PPP DKI Jakarta yang mendoakan almarhum Abraham Lunggana/RMOL

Anies Baswedan dalam beberapa hari ini menghadiri acara PPP. Sedangkan Erick Thohir dan Ridwan Kamil juga menghadiri acara PAN.


Direktur Eksekutif Indostrategic Akhamd Khoirul Umam mengatakan menyambut Pemilihan presiden tahun 2024 mendatang, seluruh partai politik yang tidak memiliki tokoh yang laku di pasaran akan terus memburu tokoh potensial untuk menaikkan elektoral partai.

"Partai-partai yang tidak memiliki tokoh politik yang marketable, akan terus berburu (hunting) dengan mendekati tokoh yang dirasa potensial dipromosikan dalam Pilpres 2024 mendatang," demikian kata Umam dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (1/2).

Kata Umam, berburu tokoh yang memiliki pasar pemilih adalah cara partai tersebut menyelamatkan diri dari pertarungan Pemilu 2024. Dengan demikian, partai yang perolehannya kecil seperti PAN dan PPP akan bisa terhindar dari ambang batas parlemen 4 persen.

"Karena itu salah satu cara mereka untuk  menyelamatkan diri agar tidak terdegradasi oleh Parliamentary threhold 4 persen," tandas Umam.