Riset Citra Network: Kepercayaan Masyarakat kepada Partai Politik Sangat Rendah

Partai politik di Indonesia dinilai belum benar-benar mengemban tanggung jawabnya sebagai perwakilan suara rakyat. Hal itu terekam dalam riset Citra Network Nasional terbaru.


Direktur Eksekutif Citra Network Nasional, Dwi Harini Soejono memaparkan,setidaknya ada 89,3 persen reponden menyatakan partai-partai politik belum benar-benar berhasil mengemban tanggung jawab.

“Di mana kesejahteraan, kemakmuran, keadilan sosial hingga, keamanan yang harus diberikan pada rakyatnya belum dapat dipenuhi secara maksimal,” kata Dwi, Rabu (16/2).

Riset ini menggunakan metode field study dimaksudkan untuk mengumpulkan data primer melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan institusi dan stakeholders yang relevan.

Metode ini memiliki kelebihan yaitu pada kemampuannya untuk menggali detail aspek-aspek partisipasi dan preferensi  masyarakat dalam pemilu pada 2024.

Riset dilakukan pada 22 Januari sampai dengan 6 Februari 2022 terhadap 2140 responden. Riset ini memiliki confidence level 95 persen dan confidence interval 2,12 persen.