Sukses Pimpin Banyuwangi Jadi Kota Ramah Lingkungan, Azwar Anas Layak Pimpin Otorita IKN

Azwar Anas/Net
Azwar Anas/Net

Presiden Joko Widodo layak mempertimbangkan mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas untuk memimpin Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara. Selain berpengalaman, Azwar Anas dinilai mampu membawa Banyuwangi menjadi kota wisata dan ramah lingkungan.


Hal itu dikatakan oleh pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (18/2).

“Bagaimanapun mengelola dan memimpin IKN pasti kompleks dan juga rumit. Banyak faktor baik teknis maupun nonteknis yang akan memengaruhi manajemen disana. Kepemimpinan yang full kreatifitas dan inovasi juga penting untuk IKN dan saya pikir itu ada di Azwar Anas,” katanya.

Menurut Surokim, Azwar Anas yang merupakan kader PDIP punya pengalaman 10 tahun memimpin Kabupaten Banyuwangi. Dalam masa kepemimpinannya, Azwar Anas sukses mengangkat perekonomian masyarakat, karena dia mampu memberdayakan UMKM lewat pariwisata.

Azwar Anas juga punya jaringan yang kuat serta didukung oleh PDIP yang punya kekuatan politik yang besar.

Surokim menilai, Azwar Anas akan mampu menjembatani pemerintah pusat dan daerah, karena selama memimpin sebagai bupati Banyuwangi dua periode itu sangat aktif dalam menjempatani keinginan pemerintah pusat.

“Memimpin ibukota baru menurut saya tidak boleh  coba coba. Apalagi gambling jadi harus punya trackrecord kepemimpinan bagus. Tokoh yang punya pengalaman memimpin daerah, bisa memahami dan bisa menjembatani kepentingan pusat dan daerah menurut saya lebih baik,” pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyebutkan ada empat calon kepala otorita IKN. Yaitu, mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang sekarang menjadi komisaris utama PT Pertamina (Persero), Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tumiyana, dan mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.