Okupansi Pelanggan Kereta Api Selama Libur Hari Raya Nyepi Cukup Normal

Pelanggan kereta api
Pelanggan kereta api

Pada momen libur Hari Raya Nyepi tanggal 3 Maret 2022, okupansi pelanggan KA di wilayah Daop 8 terpantau normal.


Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pada periode tanggal 2-6 maret 2022, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 35 KA jarak jauh dengan jumlah kapasitas tempat duduk sebanyak 15.391 per hari. 

"Pelanggan KA di Daop 8 pada hari Rabu (2/3), masih didominasi oleh pelanggan KA lokal, dengan jumlah total pelanggan per hari sebanyak 17.515, yang terdiri 13.445 pelanggan KA lokal dan 4.070 pelanggan KA jarak jauh," terangnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (2/3)

Luqman Arif juga memastikan seluruh pelanggan KA jarak jauh telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) nomor 97 tahun 2021. 

Diantaranya, pelanggan usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama), seluruh pelanggan (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) dengan hasil negatif, dan anak usia dibawah 12 tahun wajib didampingi orangtua.

Pelanggan dapat menggunakan layanan rapid-test antigen di 11 stasiun yang disediakan oleh KAI Daop 8, yakni Stasiun Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Lamongan, Wlingi, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Wonokromo, Kepanjen, dan Babat.

"Kami mengimbau kepada pelanggan yang akan melaksanakan Rapid-test antigen di stasiun, agar meluangkan waktu setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan KA," pungkasnya.